RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9.
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.1.
Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian
nun mati / tanwin.
2. Menjelaskan pengertian
mim mati.
3. Menyebutkan contoh-contoh
bacaan nun mati /tanwin dan mim mati.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian nun mati/tanwin
- Pengertian mim mati
- Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
- Pembagian hukum bacaan mim mati
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1).
Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan nun
mati/tanwin.
·
Guru
memberi penjelasan singkat mengenai pengertian nun mati/tanwin
serta pembagiannya.
2). Elaborasi
·
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf
izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·
Siswa
berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan
iqlab.
·
Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mim mati.
·
Guru
memberi penjelasan singkat mengenai pengertian mim
mati serta pembagiannya.
·
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf
izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
·
Siswa
berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
3)
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
§ Menjelaskan
pengertian nun mati/tanwin.
§ Menjelaskan
pengertian mim mati.
§ Menyebutkan
contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan
pengertian nun mati/tanwin.
§ jelaskan
pengertian mim mati.
§ Sebutkan
contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§ Buatlah
skema pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
§ Sebutkan
huruf-huruf izhar!
§ Sebutkan
huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah!
§ Sebutkan
huruf-huruf ikhfa’!
§ Sebutkan
huruf iqlab!
§ Buatlah
skema pembagian hukum bacaan mim mati!
§ Sebutkan
huruf-huruf izhar syafawi!
§ Sebutkan
huruf-huruf ikhfa’ suafawi!
§ Sebutkan
huruf idgham mimi!
§ Apakah
perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi?
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar, 9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9.
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.2.
Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1. Menjelaskan macam-macam
hukum bacaan nun mati/tanwin.
2. Menjelaskan macam-macam
hukum bacaan mim mati.
3. Menjelaskan perbedaan
antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin berupa bacaan idzhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab; serta dapat membedakan hukum bacaan mim mati berupa idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Perbedaan bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
- Perbedaan bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung izdhar,
idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
·
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan
iqlab bersama kelompoknya
masing-masing.
·
Guru
mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan izdhar, idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan
iqlab, siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
2). Elaborasi
·
Siswa
menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan izdhar,
idgham bighunnah, idgham bila ghunnah, ikfa’, dan iqlab.
·
Guru
memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung idzhar
syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
·
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan contoh-contoh idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi bersama kelompoknya masing-masing.
·
Guru
mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang nengandung bacaan idzhar syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi,
siswa menyimak dan menemukan perbedaannya.
·
Siswa
menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan idzhar
syafawi, ikhfa syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar mengajar hari ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
·
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
·
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·
Guru
memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
§ Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mim mati.
§ Menjelaskan
perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ jelaskan
macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
§ Jelaskan
macam-macam hukum bacaan mim mati.
§ Jelaskan
perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§
Lafaz مِنْهُمَا mengandung bacaan
§
Lafaz فَأَنْبَتَ mengandung bacaan
§
Ayat صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan
§
Ayat وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ mengandung bacaan
§
Lafaz أَمْوَالَهُمْ mengandung bacaan
§
Lafaz عَلَيْكُمْ بِمَا
mengandung bacaan
§ Ayat إِنْ كُنْتُمْ مُوقِنِينَ mengandung bacaan
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9.
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.3.
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar.
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit ( 2 pertemuan)
|
Indikator
:
1. Mencari hukum bacaan
nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.
2. Membaca ayat-ayat dalam
QS. al-Qadar yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dengan benar.
3. Mencari hukum bacaan
mim mati dalam QS. al-Fil.
4. Membaca ayat-ayat dalam
QS. al-Fil yang mengandung bacaan mim mati dengan benar.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mepraktekkan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam ayat-ayat pilihan dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi Pembelajaran
- Bacaan nun mati/tanwin dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan mim mati dalam ayat-ayat pilihan
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan
Kedua
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menyajikan ayat-ayat pilihan (surat al Ghasiyah atau surat lain) yang banyak
mengandung bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
2). Elaborasi
·
Siswa
berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan .
·
Guru
bertindak sebagai fasilitator.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Mencari
hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.
§ Membaca
ayat-ayat dalam QS. al-Qadar yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dengan
benar.
§ Mencari
hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil.
§ Membaca
ayat-ayat dalam QS. al-Fil yang mengandung bacaan mim mati dengan benar.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Carikanlah
hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.
§ Carikanlah
hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil
§
Bacalah
ayat berikut ini dengan memperhatikan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim
mati!
هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ (۱) وُجُوْهٌ يَّوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ (٢) عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ (٣) تَصْلى
نَارًا حَامِيَةً (٤) تُسْقى مِنْ عَيْنٍ انِيَةٍ (٥) لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلاَّ مِنْ ضَرِيْعٍ (٦) لاَ يُسْمِنُ وَلاَ يُغْنِيْ مِنْ جُوْعٍ (٧) وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ نَاعِمَةٌ (٨)
|
Rubrik/pedoman penilaian:
|
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
|
· Kelancaran
· Bacaan Nun mati/tanwin dan Mim
mati
· Makhraj
|
· Membaca
dengan lancar
· Tidak
melakukan kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
|
100
|
|
· Membaca
dengan lancar
· Melakukan
1-2 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
|
90
|
|
|
· Melakukan
3-4 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
|
80
|
|
|
· Melakukan
5-6 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
|
70
|
|
|
· Melakukan
7-8 kesalahan bacaan Nun mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
|
60
|
|
|
· Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan Nun
mati/tanwin dan Mim mati serta makhrajnya
|
50
|
Makassar, 9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.1.
Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian
malaikat Allah.
2. Menyebutkan dalil naqli
dan aqli tentang malaikat Allah.
3. Menjelaskan perbedaan
malaikat, jin, syetan, dan iblis.
4. Menjelaskan arti beriman
kepada malaikat Allah.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian iman kepada malaikat,
- sifat-sifat malaikat,
- membaca dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifatnya,
- menjelaskan perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian iman kepada malaikat
- Sifat-sifat malaikat
- Dalil naqli tentang keberadaan dan sifat-sifat malaikat
- Perbedaan sifat malaikat dengan makhluk ghaib lainnya
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami keberadaan malaikat.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan pengertian iman kepada malaikat serta menjelaskan sifat-sifatnya.
2). Elaborasi
·
Siswa
menelaah perbedaan malaikat dengan makhluk gaib lainnya.
·
Siswa
berlatih membaca dalil naqli tentang malaikat dengan metode .
3) Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
·
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
¨
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
¨
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
¨
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
¨
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI.
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
§ Menjelaskan
pengertian malaikat Allah.
§ Menyebutkan
dalil naqli dan aqli tentang malaikat Allah.
§ Menjelaskan
perbedaan malaikat, jin, syetan, dan iblis.
§ Menjelaskan
arti beriman kepada malaikat Allah.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian malaikat Allah.
§ Sebutkan dalil naqli dan aqli tentang
malaikat Allah.
§ Jelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan,
dan iblis.
§ Jelaskan arti beriman kepada malaikat
Allah.
§ Jelaskan
pengertian iman kepada malaikat!
§ Sebutkan
sifat-sifat malaikat!
§ Jelaskan
perbedaan malaikat dengan makhluk gaib lainya!
§ Bolehkah
manusia menyembah malaikat?
§ Di mana tempat malaikat?
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
10.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
10.2.
Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator
:
1. Menjelaskan jumlah dan
nama-nama malaikat Allah.
2. Menjelaskan tugas-tugas
malaikat Allah.
3. Menjelaskan keterkaitan
tugas malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan tugas para malaikat, persamaan tugasnya dengan manusia, dan menyebutkan nama-nama 10 malaikat beserta tugas khususnya.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi
Pembelajaran
- Menjelaskan tugas para malaikat secara umum
- Menjelaskan persamaan tugas manusia dengan malaikat
- Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugas khususnya
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan tugas-tugas malaikat.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah persamaan tugas malaikat dengan manusia.
- Siswa mempelajari nama-nama malaikat beserta tugas khususnya masing-masing.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menjelaskan
jumlah dan nama-nama malaikat Allah.
§ Menjelaskan
tugas-tugas malaikat Allah.
§ Menjelaskan
keterkaitan tugas malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan
maksud Allah menciptakan para malaikat!
§ Apakah
persdamaan tugas manusia dengan malaikat?
§ Apakah
tugas malaikat Jibril?
§ Setelah
Allah tidak mengutus para rasul, apakah tugas malaikat Jibril selanjutnya?
§ Apakah
tugas malaikat Mikail?
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
....................................................................... ....................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.1.
Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 40
menit
|
Indikator
:
1. Menjelaskan arti kerja
keras dan menunjukkan dalilnya.
2. Menjelaskan arti tekun
dan menunjukkan dalilnya.
3. Menjelaskan arti ulet dan
menunjukkan dalilnya.
4. Menjelaskan arti teliti
dan menunjukkan dalilnya.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Teliti ( Carefully
)
Kerjakeras ( Bravery
)
Materi Pembelajaran
- Pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Fungsi kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti dengan metode .
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menjelaskan
arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya.
§ Menjelaskan
arti tekun dan menunjukkan dalilnya.
§ Menjelaskan
arti ulet dan menunjukkan dalilnya.
§ Menjelaskan
arti teliti dan menunjukkan dalilnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§
Jelaskan pengertian
kerja keras!
§
Jelakan pengertian
tekun!
§
Jelaskan pengertian
ulet dan teliti!
§
Apakah fungsi kerja
keras?
§ Tulislah dalil naqli tentang tekun!
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.2.
Menampilkan contoh-contoh perilaku
kerja keras, tekun, ulet dan teliti
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 40
menit
|
Indikator
:
1. Menyebutkan contoh-contoh
perilaku kerja keras.
2. Menyebutkan contoh-contoh
perilaku tekun.
3. Menyebutkan contoh-contoh
perilaku ulet.
4. Menyebutkan contoh-contoh
perilaku teliti.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan dan menyukainya.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Teliti ( Carefully
)
Kerjakeras ( Bravery
)
Materi Pembelajaran
- Contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
- Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menyebutkan
contoh-contoh perilaku kerja keras.
§ Menyebutkan
contoh-contoh perilaku tekun.
§ Menyebutkan
contoh-contoh perilaku ulet.
§ Menyebutkan
contoh-contoh perilaku teliti.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Ceritakan
contoh penerapan kerja keras!
§ Ceritakan
contoh penerapan tekun!
§ Ceritakan
contoh penerapan ulet!
§ Ceritakan
contoh penerapan teliti!
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
11.3.
Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator
:
1. Membiasakan perilaku
kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga.
2. Membiasakan perilaku
kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah.
3. Membiasakan perilaku
kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Teliti ( Carefully
)
Kerjakeras ( Bravery
)
Materi Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
- Manfaat berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai indahnya berakhlak mulia.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan simulasi perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Membiasakan
perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga.
§ Membiasakan
perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah.
§ Membiasakan
perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat.
|
Unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
§ Simulasikan
sikap anak yang bekerja keras ketika mendapatkan tugas!
§ Simulasikan
sikap anak yang tekun dalam belajar!
§ Simulasikan
sikap anak yang ulet ketika sedang menemui kesulitan dalam tugasnya!
§ Simulasikan
sikap anak yang teliti saat mengerjakan suatu pekerjaan!
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Memahami tatacara salat Jumat
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.1.
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan salat Jumat
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40
menit ( 2 pertemuan)
|
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian
shalat Jum’at dan dasar hukumnya.
2. Menjelaskan syarat
mendirikan shalat Jum’at.
3. Menjelaskan perbuatan
sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.
4. Menyebutkan beberapa
halangan melaksanakan shalat Jum’at.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, syarat-syarat, sunah-sunah salat Jumat, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan halangannya.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi Pembelajaran
- Pengertian salat Jumat
- Dalil naqli tentang hukum salat Jumat
- Syarat-syarat salat Jumat
- Ketentuan khutbah Jumat
- Sunah-sunah salat Jumat
- Halangan salat Jumat
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat Jumat.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian, syarat-syarat, salat Jumat.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dan mengartikan dalil naqli tentang salat Jumat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Pertemuan kedua
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat Jumat.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan sunah-sunah salat Jumat.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah halangan salat Jumat dan ketentuan orang yang meninggalkannya melalui dalil naqli/hadits.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menjelaskan
pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya.
§ Menjelaskan
syarat mendirikan shalat Jum’at.
§ Menjelaskan
perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.
§ Menyebutkan
beberapa halangan melaksanakan shalat Jum’at.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar
hukumnya.
§ Jelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
§ Jelaskan perbuatan sunnah yang terkait
dengan shalat Jum’at.
§ Sebutkan
beberapa halangan melaksanakan shalat Jum’at.
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar, 9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Memahami tatacara salat Jumat
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.2.
Mempraktikkan
salat Jumat
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1.
Menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
2.
Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.
3.
Mempraktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di masjid.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktikkan mensimulasikan pelaksanaan salat Jumat dan melaksanakannya di lingkungan sekolah atau di lingkungan tempat tinggal.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi Pembelajaran
- Praktik persiapan pelaksanaan salat Jumat
- Simulasi pelaksanaan salat Jumat.
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Demonstrasi
- Simulasi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa melakukan praktik dan simulasi salat Jumat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menyebutkan
beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
§ Menjelaskan
tatacara shalat Jum’at.
§ Mempraktikkan
shalat Jum’at di sekolah dan di masjid.
|
Unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Sebutkan
beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
§ Jelaskan
tatacara shalat Jum’at.
§ praktikkan
shalat Jum’at di sekolah dan di masjid dengan baik!
|
Rubrik:
|
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
||
|
·
Bacaan-bacaan,
baik bacaan rukun maupun sunah
·
Gerakan-gerakan
rukun
·
Kekhusyu’an
/ tumakninah / penghayatan
|
·
Melaksanakan
salat Jumat tanpa melakukan kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin,
khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
100
|
|
|
·
kurang
khusyu’
|
95
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan 1-10 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah,
muazin, khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
90
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
85
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan 11-20 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah,
muazin, khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
80
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
75
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan 21-30 dalam perannya sebagai jamaah, muazin,
khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
70
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
65
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat Jumat dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan dalam perannya sebagai
jamaah, muazin, khatib atau imam.
|
·
khusyu’
|
60
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
55
|
|||
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Memahami tatacara salat jama’ dan qashar
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.1.
Menjelaskan
salat jama’ dan qashar
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian
shalat jama’ dan dasar hukumnya.
2. Menjelaskan pengertian
shalat qashar dan dasar hukumnya.
3. Menjelaskan syarat-syarat
melaksanakan shalat jama’ dan qashar.
4. Menyebutkan macam-macam
shalat yang bisa di jama’ dan diqashar.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian, sebab-sebab, dan macam-macam salat jama' dan qashar, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, menyebutkan salat yang boleh dijamak dan diqashar.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi Pembelajaran
- Pengertian salat jama' dan qashar
- Dalil naqli tentang hukum salat jama' dan qashar
- Sebab-sebab salat jama' dan qashar
- Salat yang boleh dijamak dan diqashar
- Perbedaan jamak taqdim dan jamak ta'khir
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya salat jamak dan qasar.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian , sebab-sebab, dan macam-macam salat jama' dan qashar.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai perbedaan salat jamak taqdim dan jamak ta’khir.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang shala jamak dan qashar.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menjelaskan
pengertian shalat jama’ dan dasar hukumnya.
§ Menjelaskan
pengertian shalat qashar dan dasar hukumnya.
§ Menjelaskan
syarat-syarat melaksanakan shalat jama’ dan qashar.
§ Menyebutkan
macam-macam shalat yang bisa di jama’ dan diqashar.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan
pengertian salat jamak!
§ Jelakan
pengertian salat qasar!
§ Sebutkan
salat yang boleh dijamak!
§ Apakah
salat yang boleh diqashar?
§ Berapa
rakaat salat Isya yang diqashar?
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar, 9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Memahami tatacara salat jama’ dan qashar
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.2.
Mempraktekkan
salat jama’ dan qashar
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1. Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.
2. Menjelaskan tatacara shalat jama’ dan qashar.
3. Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mempraktikkan salat jamak takdim dan ta'khir, salat qashar dan salat jamak qashar.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kerjasama
Kecintaan
Materi Pembelajaran
- Praktik salat jamak takdim dan ta'khir
- Praktik salat qashar
- Praktik salat jamak qashar
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pelaskanaan salat di perjalanan.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih melakukan salat jamak, qasar, dan jamak qasar.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menjelaskan
bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.
§ Menjelaskan
tatacara shalat jama’ dan qashar.
§ Mempraktikkan
shalat jama’ dan qashar di sekolah.
|
Unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Jelaskan
bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.
§ Jelaskan
tatacara shalat jama’ dan qashar.
§ praktikkan
shalat jama’ dan qashar di sekolah dengan baik dan
benar!
|
Rubrik:
|
Aspek yang dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
||
|
·
Bacaan-bacaan,
baik bacaan rukun maupun sunah
·
Gerakan-gerakan
rukun
·
Kekhusyu’an
/ tumakninah / penghayatan
|
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar tanpa melakukan kesalahan baik bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
100
|
|
|
·
kurang
khusyu’
|
95
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan 1-10 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
90
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
85
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan 11-20 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
80
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
75
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan 21-30 kesalahan bacaan maupun gerakan.
|
·
khusyu’
|
70
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
65
|
|||
|
·
Melaksanakan
salat jamak dan qasar dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan bacaan maupun
gerakan.
|
·
khusyu’
|
60
|
||
|
·
kurang
khusyu’
|
55
|
|||
Makassar, 9 Januari
2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.1.
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk
menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1.
Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk menyempurnakan
akhlak mulia.
2.
Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk membangun manusia
yang mulia dan bermanfaat.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi Pembelajaran
- Dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
- Misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
§ Menjelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. untuk menyempurnakan akhlak mulia.
§ Menjelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. untuk membangun manusia yang mulia dan
bermanfaat.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. untuk menyempurnakan akhlak mulia.
§ Jelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. untuk membangun manusia yang mulia dan
bermanfaat.
§ Mengapa
akhlak manusia perlu diperbaiki?
§ Bagaimana
akhlak Nabi Muhammad SAW?
§ Apakah
Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan teladan?
§ Bagaimana
keadaan akhlak manusia sebelum Nabi Muhammad SAW diutus Allah?
§ Tulislah hadis tentang tugas Nabi Muhammad SAW untuk
menyempurnakan akhlak!
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar, 9 Januari
2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.2.
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator
:
1.
Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam
semesta.
2.
Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat serta menunjukkan dalil naqlinya.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi Pembelajaran
- Dalil naqli bahwa Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
- Misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami pribadi Nabi Muhammad SAW yang sebenarnya.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2). Elaborasi
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
|
§ Menjelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta.
§ Menjelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta.
§ Jelaskan
misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat.
§ Ceritakan
kepribadian Nabi Muhammad!
§ Bagaimana
pendapatmu mengenai figur Nabi Muhammad yang digambarkan oleh orang-rang
Barat sebagai Nabi yang suka berperang?
§ Ceritakan peran Nabi Muhammad dalam penghapusan sistem
perbudakan!
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah
|
:
|
SMPN 34 Makassar
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Memahami sejarah
Nabi Muhammad
SAW
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.3.
Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Indikator :
1.
Menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi
masyarakat Makkah.
2.
Menceritakan perjuangan para sahabat Nabi Muhammad Saw. dalam
menghadapi masyarakat Makkah.
3.
Meneladani perilaku Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat untuk
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Kecintaan ( Lovely
)
Materi Pembelajaran
- Metode dakwah Nabi Muhammad SAW
- Para sahabat yang mula-mula masuk Islam (asabiqunal awwalun)
- Peran para sahabat dalam membantu perjuangan Nabi Muhammad di Makkah
- Reaksi masyarakat Makkah terhadap dakwah Nabi dan para sahabat
- Keuletan, ketabahan, dan cara-cara dakwah Nabi dan para sahabat.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentinya dakwah.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan metode dakwah Nabi, reaksi masyarakat Makkah, dan asabiqunal awwalun.
2). Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat di Makkah.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
¨
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber Belajar
·
Buku
Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS
MGMP PAI
·
VCD
Sejarah Islam
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
|
§ Menceritakan
perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.
§ Menceritakan
perjuangan para sahabat Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat
Makkah.
§ Meneladani
perilaku Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat untuk diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan
metode dakwah Nabi!
§ Ceritakan
peran para sahabat dalam membantu perjuangan Nabi!
§ Jelasakan
maksud assabiqunal awwalun!
§ Sebutkan
assabiqunal awwalun!
§ Bagaimana
reaksi masyarakat Makkah terhadap dakwah Nabi?
|
Pedoman
Penskoran :
|
Jawaban
|
Skor
|
|
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak sempurna
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam
skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai
=
Makassar,
9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Drs.Safaruddin
NIP. 19591231 198903
2 027 NIP.19680424 199412 1 003 Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar