Cari Blog Ini

Minggu, 22 Januari 2012

Kerajinan Industri Rumah Tangga RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH            :     SMP Negeri 34 Makassar
Mata Pelajaran                   :     Kerajinan Industri Rumah Tangga
Kelas / Semester                :     IX / 2
Standar Kompetensi           :     4.  Mendeskripsikan keterampilan menjahit
Kompetensi Dasar             :     4.1.    Mengetahui alat atau bahan yang dipakai untuk membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
Alokasi Waktu                   :     6  jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

Indikator                                :
Pertemuan 1

4.1.1    Menyebutkan macam-macam benang yang digunakan untuk membuat tusuk jahit atau tusuk hias

4.1.2    Menyebutkan macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit

4.1.3    Menjelaskan perbedaan antara jarum runcing dan jarum tumpul


Pertemuan 2

4.1.4    Menjelaskan fungsi pemindangan

4.1.5    Menjelaskan perbedaan antara tekstil alami dengan tekstil sintetis

4.1.6    Menjelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas

4.1.7    Menjelaskan sumber bahan tekstil sutera dan cara pengolahannya

4.1.8    Menjelaskan penggunaan bahan tekstil wol


Pertemuan 3

4.1.9    Menjelaskan asal bahan tetoron dan ciri-cirinya

4.1.10  Menyebutkan bahan-bahan tekstil khusus yang digunakan untuk tusuk jahit atau tusuk hias

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.         Mengidentifikasi perbedaan antara benang Mouline, Mutiara dan wol
2.         Mengidentifikasi ciri-ciri benang Mouline, Mutiara dan wol
3.         Menyebutkan benang lain selain benang Mouline, Mutiara dan wol
4.         Mengidentifikasi macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit.
5.         Mengidentifikasi ciri-ciri jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul.
6.         Mengidentifikasi fungsi jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul
7.         Menemutunjukkan jarum ukuran 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22 dan 24




Pertemuan 2
1.         Menjelaskan fungsi pemindangan
2.         Menyebutkan macam-macam bentuk pemindangan
3.         Menyebutkan macam-macam bahan pemindangan
4.         Menjelaskan perbedaan antara tekstil alami dengan tekstil sintetis
5.         Menyebutkan contoh tekstil dari bahan alami dan bahan sintetis
6.         Menjelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas, lenan, sutera dan wol
7.         Menjelaskan cara pengolahan sehingga diperoleh tekstil dari bahan kapas, lenan, sutera dan wol
.
Pertemuan 3
1.         Mengidentifikasi bahan-bahan tekstil non alami
2.         Menjelaskan asal bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon dan ciri-cirinya
3.         Menjelaskan ciri-ciri bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon
4.         Menyebutkan bahan tekstil yang khusus digunakan untuk membuat tusuk jahit atau hias

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Alat atau bahan untuk membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
A.     Macam-macam benang jahit
B.     Macam-macam jarum jahit
C.     Pemidangan
D.     Macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan kegunaannya

C.     Metode  Pembelajaran
A.     Model Pembelajaran  : CTL / Pengarahan langsung                              
B.     Metoda                          :
1.      Diskusi
2.      Tanya jawab
3.      Demonstrasi
4.      Pemberian tugas








D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
                                
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
a.    Memotivasi siswa dengan memperlihatkan macam-macam benang jahit dan macam-macam jarum jahit
b.    Pada white board tuliskan kata-kata  alat/bahan untuk membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
c.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
F  Menyampaikan tahap demi tahap informasi tentang  alat/bahan untuk membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
F  Meminta siswa menjelaskan perbedaan antara benang Mouline, Mutiara dan wol
F  Meminta siswa mengidentifikasi ciri-ciri benang Mouline, Mutiara dan wol
F  Meminta siswa menyebutkan benang lain selain benang Mouline, Mutiara dan wol
F  Memerintahkan siswa untuk mengidentifikasi macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit.
F  Meminta siswa untuk mengidentifikasi ciri-ciri jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul.
F  Meminta siswa mengidentifikasi fungsi jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul
F  Meminta siswa Menemutunjukkan jarum ukuran 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22 dan 24
F  Meminta siswa meneliti alat/bahan untuk membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias melalui daftar pustaka.
F  Meminta siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.
F Memberikan umpan balik (pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada hubungannya dengan kehidupan

3.      Penutup
a.       Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-           perbedaan antara benang Mouline, Mutiara dan wol
-          ciri-ciri benang Mouline, Mutiara dan wol
-          benang lain selain benang Mouline, Mutiara dan wol
-          macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit.
-          ciri-ciri jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul.
-          fungsi jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul
-          jarum ukuran 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22 dan 24

b.         Memberikan informasi kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas pemidangan dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan kegunaannya



Pertemuan 2
1.      Pendahuluan
a.    Memotivasi siswa dengan memperlihatkan alat pemidangan dan macam-macam bahan tekstil
b.    Pada white board tuliskan kata-kata  pemidangan dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan kegunaannya
c.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
F  Menyampaikan tahap demi tahap informasi tentang  pemidangan dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan kegunaannya
F  Meminta siswa menjelaskan  fungsi pemindangan
F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam bentuk pemindangan
F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam bahan pemindangan
F  Memerintahkan siswa untuk menjelaskan perbedaan antara tekstil alami dengan tekstil sintetis
F  Meminta siswa untuk menyebutkan contoh tekstil dari bahan alami dan bahan sintetis
F  Meminta siswa menjelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas, lenan, sutera dan wol
F  Meminta siswa menjelaskan cara pengolahan sehingga diperoleh tekstil dari bahan kapas, lenan, sutera dan wol
F  Meminta siswa meneliti alat/bahan untuk membuat pemidangan dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan kegunaannya melalui daftar pustaka.
F  Meminta siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.
F Memberikan umpan balik (pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada hubungannya dengan kehidupan

3.      Penutup
a.    Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-           fungsi pemindangan
-          macam-macam bentuk pemindangan
-          macam-macam bahan pemindangan
-          perbedaan antara tekstil alami dengan tekstil sintetis
-          contoh tekstil dari bahan alami dan bahan sintetis
-          ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas, lenan, sutera dan wol
-          cara pengolahan sehingga diperoleh tekstil dari bahan kapas, lenan, sutera dan wol
-           
b. Memberikan informasi kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas bahan-bahan tekstil non alami


Pertemuan 3
1.      Pendahuluan
a.    Memotivasi siswa dengan memperlihatkan bahan-bahan tekstil non alami
b.    Pada white board tuliskan kata-kata  bahan-bahan tekstil non alami
c.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
F  Menyampaikan tahap demi tahap informasi bahan-bahan tekstil non alami dan kegunaannya
F  Meminta siswa menjelaskan  pengertian bahan-bahan tekstil non alami
F  Meminta siswa menjelaskan asal bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon dan ciri-cirinya
F  Meminta siswa menjelaskan ciri-ciri bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon
F  Memerintahkan siswa menyebutkan bahan tekstil yang khusus digunakan untuk membuat tusuk jahit atau hias
F  Meminta siswa meneliti macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan kegunaannya melalui daftar pustaka.
F  Meminta siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.
F Memberikan umpan balik (pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada hubungannya dengan kehidupan

3.      Penutup
a.    Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-          bahan-bahan tekstil non alami
-          asal bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon dan ciri-cirinya
-          ciri-ciri bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon
-          bahan tekstil yang khusus digunakan untuk membuat tusuk jahit atau hias
b. Memberikan informasi kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas cara membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias


E.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku Keterampilan Tata Busana, Lisyani Affandi, Ganeca Exact, 2006
2.      Macam-macam jarum
3.      macam-macam kain
4.      Chart
5.      RPP
6.      Sumber lain yang relevan dengan materi



F.  Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1.1  menyebutkan macam-macam benang yang digunakan untuk membuat tusuk jahit atau tusuk hias

4.1.2  menyebutkan macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit


4.1.3  menjelaskan perbedaan antara jarum runcing dan jarum tumpul

4.1.4  menjelaskan fungsi pemindangan


4.1.5  menjelaskan perbedaan atara tekstil alami dengan tekstil sintetis


4.1.6  menjelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas


4.1.7  menjelaskan sumber bahan tekstil sutera dan cara pengolahannya


4.1.8  menjelaskan penggunaan bahan tekstil wol


4.1.9  menjelaskan asal bahan tetoron dan ciri-cirinya


4.1.10  menyebutkan bahan-bahan tekstil khusus yang digunakan untuk tusuk jahit atau tusuk hias



Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis

Tes Uraian



Tes Uraian



Tes Uraian


Tes Uraian

Tes Uraian



Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian


Tes Uraian


Tes Uraian

-          Sebutkan macam-macam benang yang digunakan untuk membuat tusuk jahit atau tusuk hias



-          Sebutkan macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit




-          Jelaskan perbedaan antara jarum runcing dan jarum tumpul



-          Jelaskan fungsi pemindangan



-          Jelaskan perbedaan atara tekstil alami dengan tekstil sintetis




-          Jelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas



-          Jelaskan sumber bahan tekstil sutera dan cara pengolahannya




-          Jelaskan penggunaan bahan tekstil wol




-          Jelaskan asal bahan tetoron dan ciri-cirinya



-          Sebutkan bahan-bahan tekstil khusus yang digunakan untuk tusuk jahit atau tusuk hias
     

Pedoman Penilaian
1.      Tugas diberi skor 3
2.      Nilai maksimal 100
3.      Nilai siswa  :

 Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
1
Jawaban sempurna
3
2
Jawaban kurang sempurna
2
3
Jawaban tidak sempurna
1
4
Tidak menjawab
0




                                                                                                                                                                                   
                                                                                    




                                                                                     Makassar,  9 Januari 2012
                        Mengetahui :
            Kepala SMPN 34 Makassar                                         Guru Mata Pelajaran
           

 

Dra. HJ. ROSMINI                            HJ. SAPIAH

               NIP: 19591231 198903 2 027                                                           NIP. 19521231 198003 2 018

 

Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota Makassar




Drs. Bahrum, M.Pd
                                                            NIP. 19621231 198703 1 225


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH            :     SMP Negeri 34 Makassar
Mata Pelajaran                   :     Kerajinan Industri Rumah Tangga
Kelas / Semester                :     IX / 2
Standar Kompetensi           :     4.      Mendeskripsikan keterampilan menjahit
Kompetensi Dasar                         :     4.2.  Mempraktekkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
Alokasi Waktu                   :     6  jam pelajaran ( 3 x pertemuan )

Indikator                                :
Pertemuan 1

4.2.1      Menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias

4.2.2      Menjelaskan  cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias

4.2.3      Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur

4.2.4      Menjelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit

4.2.5      Menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag

4.2.6      Menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai


Pertemuan 2

4.2.7      Menjelaskan perbedaan tusuk rantai lepas dengan tusuk rantai tertutup

4.2.8      Menjelaskan cara membuat tusuk feston

4.2.9      Menjelaskan macam-macam tusuk flanel

4.2.10    Menjelaskan cara membuat tusuk silang

4.2.11    Menjelaskan cara membuat tusuk pipih berloncatan


Pertemuan 3

4.2.12    Menjelaskan cara membuat tusuk simpul batang

4.2.13    Menjelaskan bentuk tusuk cabang yang digunakan untuk membuat sisik daun

4.2.14    Menjelaskan pengertian teknik melekatkan benang

4.2.15    Menyebutkan tusuk yang digunakan untuk melekatkan aplikasi ke bahan yang akan dihias

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1

1.         Menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias

2.         Menjelaskan  cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias

3.         Menyebutkan Peralatan dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat tusuk jahit
4.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur
5.         Menjelaskan cara membuat tusuk jelujur
6.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jejak
7.         Menjelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit
8.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk tangkai berzigzag
9.         Menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag
10.     Menjelaskan cara membuat tusuk rantai
11.     Menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai


Pertemuan 2

1.         Menjelaskan cara membuat tusuk rantai

2.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai

3.         Menjelaskan cara membuat tusuk feston

4.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk feston
5.          Menjelaskan cara membuat tusuk flanel
6.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk flanel
7.          Menjelaskan cara membuat tusuk silang
8.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk silang
9.         Menjelaskan cara membuat tusuk pipih
10.     Menyebutkan macam-macam variasi tusuk pipih

.
Pertemuan 3

1.         Menjelaskan cara membuat tusuk simpul

2.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk simpul

3.         Menjelaskan cara membuat tusuk cabang

4.         Menyebutkan macam-macam variasi tusuk cabang
5.         Menjelaskan pengertian teknik melekatkan benang
6.         Menjelaskan cara melekatkan benang
7.         Menjelaskan cara membuat aplikasi (melekatkan perca kain )


v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk Hias
A.     Tusuk Jelujur
B.     Tusuk Tikam Jejak
C.     Tusuk Tangkai
D.     Tusuk Rantai
E.      Tusuk feston
F.      Tusuk Flanel
G.     Tusuk Silang
H.     Tusuk Pipih
I.        Tusuk Simpul
J.       Tusuk Cabang
K.     Melekatkan benang
L.      Melekatkan Perca Kain ( aplikasi )

C.     Metode  Pembelajaran
A.     Model Pembelajaran  : CTL / Pengarahan langsung                              
B.     Metoda                          :
1.        Diskusi
2.        Tanya jawab
3.        Demonstrasi
4.        Pemberian tugas

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
                                
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
a.    Memotivasi siswa dengan memperlihatkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias yang telah selesai
b.    Pada white board tuliskan kata-kata  Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk Hias
c.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
F   Menyampaikan tahap demi tahap informasi tentang  macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
F   Meminta siswa menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias
F   Meminta siswa menjelaskan cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias
F   Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur
F   Memerintahkan siswa untuk menjelaskan cara membuat tusuk jelujur
F   Meminta siswa untuk menyebutkan macam-macam variasi tusuk jejak
F   Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit
F   Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk tangkai berzigzag
F   Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag
F   Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk rantai
F   Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai
F   Meminta siswa meneliti macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias melalui daftar pustaka.
F   Meminta siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.
F   Memberikan umpan balik (pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada hubungannya dengan kehidupan


3.      Penutup
a.    Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :

-            salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias

-            cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias

-            Peralatan dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat tusuk jahit
-            macam-macam variasi tusuk jelujur
-            cara membuat tusuk jelujur
-            macam-macam variasi tusuk jejak
-            cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit
-            macam-macam variasi tusuk tangkai berzigzag
-            cara membuat tusuk tangkai berzigzag
-            cara membuat tusuk rantai
-            macam-macam variasi tusuk rantai
-           
b.         Memberikan informasi kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas lanjutan materi pada hari ini.


Pertemuan 2
1.      Pendahuluan
a.    Memotivasi siswa dengan memperlihatkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias yang telah selesai
b.    Pada white board tuliskan kata-kata  Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk Hias
c.    Menjelaskan kepada siswa bahwa materi hari ini lanjutan pada pertemuan sebelumnya.
d.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
F  Menyampaikan tahap demi tahap informasi tentang  macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias

F  Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk rantai

F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai

F  Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk feston

F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk feston
F   Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk flanel
F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk flanel
F   Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk silang
F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk silang
F  Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk pipih
F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk pipih
F  Memerintahkan siswa meneliti macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias melalui daftar pustaka.
F  Meminta siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.
F  Memberikan umpan balik (pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada hubungannya dengan kehidupan

3.      Penutup
a.    Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :

-            cara membuat tusuk rantai

-            macam-macam variasi tusuk rantai

-            cara membuat tusuk feston

-            macam-macam variasi tusuk feston
-             cara membuat tusuk flanel
-            macam-macam variasi tusuk flanel
-             cara membuat tusuk silang
-            macam-macam variasi tusuk silang
-            cara membuat tusuk pipih
-            macam-macam variasi tusuk pipih

b. Memberikan informasi kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahan   lanjutan materi pada hari ini.

Pertemuan 3
1.      Pendahuluan
a.    Memotivasi siswa dengan memperlihatkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias dan aplikasi yang telah selesai
b.    Pada white board tuliskan kata-kata  Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk Hias
c.    Menjelaskan kepada siswa bahwa materi hari ini lanjutan pada pertemuan sebelumnya.
d.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
F  Menyampaikan tahap demi tahap informasi tentang  macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias

F  Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk simpul

F  Memerintahkan siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk simpul

F  Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk cabang

F  Meminta siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk cabang
F  Memerintahkan menjelaskan pengertian teknik melekatkan benang
F  Meminta siswa menjelaskan cara melekatkan benang
F  Memerintahkan menjelaskan cara membuat aplikasi (melekatkan perca kain )
F  Memerintahkan siswa meneliti macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias melalui daftar pustaka.
F  Meminta siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.


3.      Penutup
a.         Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :

-          cara membuat tusuk simpul

-          macam-macam variasi tusuk simpul

-          cara membuat tusuk cabang

-          macam-macam variasi tusuk cabang
-          pengertian teknik melekatkan benang
-          cara melekatkan benang
-          ara membuat aplikasi (melekatkan perca kain )
b.   Memberikan informasi kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan praktek membuat keperluan pribadi dan lenan rumah tangga sambil meminta agar siswa menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk keperluan praktek tersebut

E.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku Keterampilan Tata Busana, Lisyani Affandi, Ganeca Exact, 2006
2.      Macam-macam jarum
3.      macam-macam kain
4.      Chart
5.      RPP
6.      Sumber lain yang relevan dengan materi
F.  Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.2.1  Menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias


4.2.2  Menjelaskan  cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias


4.2.3  Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur


4.2.4  Menjelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit



Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis

Tes Uraian



Tes Uraian



Tes Uraian


Tes Uraian

-          Jelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias



-          Jelaskan  cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias




-          Sebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur



-          Jelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit





Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.2.5  Menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag


4.2.6  Menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai


4.2.7  Menjelaskan perbedaan tusuk rantai lepas dengan tusuk rantai tertutup


4.2.8  Menjelaskan cara membuat tusuk feston


4.2.9  Menjelaskan macam-macam tusuk flanel


4.2.10  Menjelaskan cara membuat tusuk silang


4.2.11  Menjelaskan cara membuat tusuk pipih berloncatan


4.2.12  Menjelaskan cara membuat tusuk simpul batang


4.2.13  Menjelaskan bentuk tusuk cabang yang digunakan untuk membuat sisik daun


4.2.14  Menjelaskan pengertian teknik melekatkan benang


4.2.15  Menyebutkan tusuk yang digunakan untuk melekatkan aplikasi ke bahan yang akan dihias


Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis

Tes Uraian


Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian

Tes Uraian

Tes Uraian

Tes Uraian


Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian


Tes Uraian

-          Jelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag



-          Sebutkan macam-macam variasi tusuk rantai



-          Jelaskan perbedaan tusuk rantai lepas dengan tusuk rantai tertutup




-          Jelaskan cara membuat tusuk feston



-          Jelaskan macam-macam tusuk flanel



-          Jelaskan cara membuat tusuk silang



-          Jelaskan cara membuat tusuk pipih berloncatan



-          Jelaskan cara membuat tusuk simpul batang



-          Jelaskan bentuk tusuk cabang yang digunakan untuk membuat sisik daun




-          Jelaskan pengertian teknik melekatkan benang



-          Sebutkan tusuk yang digunakan untuk melekatkan aplikasi ke bahan yang akan dihias


     

Pedoman Penilaian
1.      Tugas diberi skor 3
2.      Nilai maksimal 100
3.      Nilai siswa  :

 Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
1
Jawaban sempurna
3
2
Jawaban kurang sempurna
2
3
Jawaban tidak sempurna
1
4
Tidak menjawab
0




                                                                                                                                                                                   
                                                                                    




                                                                                     Makassar,  9 Januari 2012
                        Mengetahui :
            Kepala SMPN 34 Makassar                                         Guru Mata Pelajaran
           

 

Dra. HJ. ROSMINI                             HJ. SAPIAH

               NIP: 19591231 198903 2 027                                                             NIP. 19521231 198003 2 018

 

Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota Makassar




Drs. Bahrum, M.Pd
       NIP. 19621231 198703 1 225
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH            :     SMP Negeri 34 Makassar
Mata Pelajaran                   :     Kerajinan Industri Rumah Tangga
Kelas / Semester                :     IX / 2
Standar Kompetensi           :     4.      Mendeskripsikan keterampilan menjahit
Kompetensi Dasar                         :     4.3.  Praktek membuat keperluan pribadi dan lenan rumah tangga
Alokasi Waktu                   :     8  jam pelajaran ( 4 x pertemuan )

Indikator                                :
Pertemuan 1 - 2
4.3.1  Melaksanakan pembuatan hiasan sulam fantasi pada taplak meja tamu
Pertemuan 3 - 4
4.3.2  Melaksaakan pembuatan hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 - 2

1.         Melaksanakan pembuatan hiasan sulam fantasi pada taplak meja tamu

2.         Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
3.         membuat sketsa pekerjaan
4.         Bekerja dengan memperhatikan keselamatan kerja
5.         Bekerjasama dengan teman
Pertemuan 3 - 4

1.         Melaksanakan pembuatan hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang

2.         Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
3.         membuat sketsa pekerjaan
4.         Bekerja dengan memperhatikan keselamatan kerja
5.         Bekerjasama dengan teman
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Praktek Membuat Keperluan Pribadi Dan Lenan Rumah Tangga Tusuk Jelujur
F  Macam-macam teknik menghias kain
F  Membuat taplak meja tamu
F  Membuat hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang

C.     Metode  Pembelajaran
A.     Model Pembelajaran  : CTL / Pengarahan langsung                              
B.     Metoda                          :
1.        Tanya jawab
2.        Demonstrasi
3.        Pemberian tugas

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
                                
Pertemuan 1 - 2
1.      Pendahuluan
a.       Memotivasi siswa dengan memperlihatkan taplak meja tamu dengan hiasan yang telah selesai
b.      Pada white board tuliskan kata-kata  Praktek Membuat keperluan pribadi dan lenan rumah tangga
c.       Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
F  Menyampaikan tahap demi tahap informasi cara membuat hiasan pada taplak meja tamu
F  Meminta siswa menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
F  Meminta siswa mengukur besar taplak meja yang akan dibuat
F  Memerintahkan siswa untuk membuat pola pekerjaan yang akan dibuat pada taplak meja tamu
F  Meminta siswa untuk menjiplak motif hiasan pada pola yang telah dikelim menggunakan karbon biasa
F  Memerintahkan siswa mulai menghias taplak meja dengan teknik melekatkan benang seperti yang telaj dijelaskan pada pertemuan  sebelumnya
F  Memberikan umpan balik (pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap pekerjaan siswa baik pada motif hiasan maupun pada hasil akhir pekerjaan

3.      Penutup
a.       Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :

-            cara untuk membuat ukuran taplak meja

-            cara untuk membuat pola pekerjaan

-            Peralatan dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat taplak meja
-            cara menjiplak motif hiasan
-            cara bekerja dengan memperhatikan keselamatan kerja
-            cara bekerja sama dengan teman

b.         Memberikan informasi kepada siswa bahwa pekerjaan boleh dilanjutkan di rumah, jika belum selesai pada pertemuan selanjutnya akan dilanjutan pekerjaan tersebut di sekolah. namun bila telah selesai boleh dikumpul untuk kemudian dilanjutkan pada proyek selanjutnya.

Pertemuan 3 - 4
1.      Pendahuluan
a.       Memotivasi siswa dengan memperlihatkan hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang yang telah selesai
b.      Pada white board tuliskan kata-kata  membuat hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
c.       Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran

2.      Inti
d.      Menyampaikan tahap demi tahap informasi cara membuat hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
F  Meminta siswa menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
F  Meminta siswa mengukur besar hiasan dinding yang akan dibuat
e.       Memerintahkan siswa untuk membuat pola pekerjaan yang akan dibuat pada hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
F  Meminta siswa untuk membuat motif hiasan
F  Memerintahkan siswa mulai mebuat tusuk silang – tusuk silang pada bahan dengan warna benang sesuai dengan petunjuk gambar
F  meminta siswa kalau telah selesai, pasang gambar tersebut pada pigura dan tempelkan hiasan dinding tersebut menggunakann paku
F  Memberikan umpan balik (pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap pekerjaan siswa baik pada motif hiasan maupun pada hasil akhir pekerjaan

3.      Penutup
a.       Membimbing siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-       cara untuk membuat hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang

-       cara untuk membuat pola pekerjaan

-       Peralatan dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat taplak meja
-       cara menjiplak motif hiasan
-       cara bekerja dengan memperhatikan keselamatan kerja
-       cara bekerja sama dengan teman

b.        Memberikan informasi kepada siswa bahwa pekerjaan boleh dilanjutkan di rumah, jika belum selesai pada pertemuan selanjutnya akan dilanjutan pekerjaan tersebut di sekolah. namun bila telah selesai boleh dikumpul. 

E.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku Keterampilan Tata Busana, Lisyani Affandi, Ganeca Exact, 2006
2.      Macam-macam jarum
3.      macam-macam kain
4.      Chart
5.      RPP
6.      Sumber lain yang relevan dengan materi
F.  Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.3.1  Melaksanakan pembuatan hiasan sulam fantasi


4.3.2  Melaksanakan pembuatan hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
Tes unjuk kerja
Pemberian tugas

Tes unjuk kerja
Pemberian tugas

Uji petik karya



Uji petik karya

-          Buatlah sebuah hiasan sulam fantasi



-          Buatlah sebuah hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang

     
Pedoman Penilaian
1.      Tugas diberi skor 3
2.      Nilai maksimal 100
3.      Nilai siswa  :
 Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
1
Pekerjaan sempurna
3
2
Pekerjaan kurang sempurna
2
3
Pekerjaan  tidak sempurna
1
4
Tidak bekerja
0





                                                                                    


                                                                                     Makassar,  9 Januari 2012
                        Mengetahui :
            Kepala SMPN 34 Makassar                                         Guru Mata Pelajaran
           

 

Dra. HJ. ROSMINI                             HJ. SAPIAH

               NIP: 19591231 198903 2 027                                                               NIP. 19521231 198003 2 018
Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota Makassar


Drs. Bahrum, M.Pd
                                                            NIP. 19621231 198703 1 225

Tidak ada komentar:

Posting Komentar