RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
SMP Negeri 34
Makassar
Mata
Pelajaran : Kerajinan Industri Rumah Tangga
Kelas / Semester : IX / 2
Standar
Kompetensi : 4. Mendeskripsikan keterampilan menjahit
Kompetensi
Dasar : 4.1. Mengetahui alat atau bahan yang dipakai untuk
membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan
)
Indikator :
Pertemuan 1
4.1.1 Menyebutkan macam-macam benang yang
digunakan untuk membuat tusuk jahit atau tusuk hias
4.1.2 Menyebutkan macam-macam jarum yang digunakan
untul menjahit
4.1.3 Menjelaskan perbedaan antara jarum runcing
dan jarum tumpul
Pertemuan 2
4.1.4 Menjelaskan fungsi pemindangan
4.1.5 Menjelaskan perbedaan antara tekstil
alami dengan tekstil sintetis
4.1.6 Menjelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat
dari kapas
4.1.7 Menjelaskan sumber bahan tekstil sutera dan
cara pengolahannya
4.1.8 Menjelaskan penggunaan bahan tekstil wol
Pertemuan 3
4.1.9 Menjelaskan asal bahan tetoron dan
ciri-cirinya
4.1.10 Menyebutkan bahan-bahan tekstil khusus yang digunakan untuk tusuk
jahit atau tusuk hias
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Mengidentifikasi perbedaan antara benang Mouline, Mutiara dan wol
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri
benang Mouline, Mutiara dan wol
3.
Menyebutkan
benang lain selain benang Mouline, Mutiara dan wol
4.
Mengidentifikasi macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit.
5.
Mengidentifikasi ciri-ciri
jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul.
6.
Mengidentifikasi fungsi
jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul
7.
Menemutunjukkan
jarum ukuran 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22 dan 24
Pertemuan 2
1.
Menjelaskan fungsi pemindangan
2.
Menyebutkan
macam-macam bentuk pemindangan
3.
Menyebutkan
macam-macam bahan pemindangan
4.
Menjelaskan perbedaan antara tekstil alami dengan tekstil
sintetis
5.
Menyebutkan
contoh tekstil dari bahan alami dan bahan sintetis
6.
Menjelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas, lenan,
sutera dan wol
7.
Menjelaskan cara pengolahan sehingga diperoleh tekstil dari
bahan kapas, lenan, sutera dan wol
.
Pertemuan 3
1.
Mengidentifikasi bahan-bahan tekstil non alami
2.
Menjelaskan asal bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon dan
ciri-cirinya
3.
Menjelaskan ciri-ciri bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon
4.
Menyebutkan bahan tekstil yang khusus
digunakan untuk membuat tusuk jahit atau hias
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian (
carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Alat
atau bahan untuk membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
A.
Macam-macam benang jahit
B.
Macam-macam jarum jahit
C.
Pemidangan
D.
Macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan
kegunaannya
C. Metode Pembelajaran
A. Model
Pembelajaran : CTL / Pengarahan langsung
B. Metoda :
1. Diskusi
2. Tanya
jawab
3. Demonstrasi
4. Pemberian
tugas
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan macam-macam benang jahit dan macam-macam jarum jahit
b. Pada
white board tuliskan kata-kata alat/bahan untuk membuat macam-macam tusuk
jahit atau tusuk hias
c. Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
F Menyampaikan
tahap demi tahap informasi tentang alat/bahan untuk membuat macam-macam tusuk jahit atau
tusuk hias
F Meminta
siswa menjelaskan perbedaan antara benang Mouline, Mutiara dan wol
F Meminta
siswa mengidentifikasi ciri-ciri benang Mouline, Mutiara dan wol
F Meminta siswa menyebutkan
benang lain selain benang Mouline, Mutiara dan wol
F Memerintahkan siswa untuk mengidentifikasi
macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit.
F Meminta siswa untuk mengidentifikasi ciri-ciri jarum pentul, jarum runcing dan jarum
tumpul.
F Meminta
siswa mengidentifikasi fungsi jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul
F Meminta siswa Menemutunjukkan jarum ukuran 10, 12, 14, 16, 18, 20,
22 dan 24
F Meminta siswa meneliti alat/bahan untuk membuat
macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias melalui daftar pustaka.
F Meminta
siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek
penyusunnya.
F
Memberikan umpan balik
(pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada
hubungannya dengan
kehidupan
3. Penutup
a. Membimbing
siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
perbedaan antara benang Mouline,
Mutiara dan wol
-
ciri-ciri
benang Mouline, Mutiara dan wol
-
benang
lain selain benang Mouline, Mutiara dan wol
-
macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit.
-
ciri-ciri
jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul.
-
fungsi
jarum pentul, jarum runcing dan jarum tumpul
-
jarum
ukuran 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22 dan 24
b.
Memberikan informasi
kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas pemidangan dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan
asal dan kegunaannya
Pertemuan 2
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan alat pemidangan dan macam-macam bahan tekstil
b. Pada
white board tuliskan kata-kata pemidangan dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan
asal dan kegunaannya
c. Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
F Menyampaikan
tahap demi tahap informasi tentang pemidangan dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan
asal dan kegunaannya
F Meminta
siswa menjelaskan fungsi pemindangan
F Meminta
siswa menyebutkan
macam-macam bentuk pemindangan
F Meminta siswa menyebutkan
macam-macam bahan pemindangan
F Memerintahkan siswa untuk menjelaskan
perbedaan antara tekstil alami dengan tekstil sintetis
F Meminta siswa untuk menyebutkan
contoh tekstil dari bahan alami dan bahan sintetis
F Meminta
siswa menjelaskan ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas, lenan,
sutera dan wol
F Meminta siswa menjelaskan cara
pengolahan sehingga diperoleh tekstil dari bahan kapas, lenan, sutera dan wol
F Meminta siswa meneliti alat/bahan untuk membuat pemidangan
dan macam-macam bahan tekstil menurut bahan asal dan kegunaannya melalui daftar
pustaka.
F Meminta
siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.
F
Memberikan umpan balik
(pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada
hubungannya dengan
kehidupan
3. Penutup
a.
Membimbing siswa
membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
fungsi
pemindangan
-
macam-macam
bentuk pemindangan
-
macam-macam
bahan pemindangan
-
perbedaan antara tekstil alami dengan tekstil sintetis
-
contoh
tekstil dari bahan alami dan bahan sintetis
-
ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas, lenan, sutera dan
wol
-
cara pengolahan sehingga diperoleh tekstil dari bahan kapas,
lenan, sutera dan wol
-
b. Memberikan informasi kepada siswa
bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas bahan-bahan
tekstil non alami
Pertemuan
3
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan bahan-bahan tekstil non alami
b.
Pada white board
tuliskan kata-kata bahan-bahan
tekstil non alami
c.
Menyampaikan kompetensi
dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
F Menyampaikan
tahap demi tahap informasi bahan-bahan tekstil non alami dan kegunaannya
F Meminta
siswa menjelaskan pengertian bahan-bahan tekstil non alami
F Meminta
siswa menjelaskan asal bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon dan
ciri-cirinya
F Meminta siswa menjelaskan
ciri-ciri bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon
F Memerintahkan siswa menyebutkan bahan tekstil yang khusus
digunakan untuk membuat tusuk jahit atau hias
F Meminta siswa meneliti macam-macam bahan tekstil menurut
bahan asal dan kegunaannya melalui daftar pustaka.
F Meminta
siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek
penyusunnya.
F
Memberikan umpan balik
(pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada
hubungannya dengan
kehidupan
3. Penutup
a.
Membimbing siswa
membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
bahan-bahan tekstil non alami
-
asal bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon dan
ciri-cirinya
-
ciri-ciri bahan katun, tetoron, rayon, dacron, orlon serta nylon
-
bahan tekstil yang khusus digunakan
untuk membuat tusuk jahit atau hias
b. Memberikan informasi kepada siswa
bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas cara
membuat macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku
Keterampilan Tata Busana, Lisyani Affandi, Ganeca Exact, 2006
2.
Macam-macam
jarum
3.
macam-macam
kain
4.
Chart
5.
RPP
6.
Sumber
lain yang relevan dengan materi
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
4.1.1 menyebutkan
macam-macam benang yang digunakan untuk membuat tusuk jahit atau tusuk hias
4.1.2 menyebutkan
macam-macam jarum yang digunakan untul menjahit
4.1.3 menjelaskan
perbedaan antara jarum runcing dan jarum tumpul
4.1.4 menjelaskan
fungsi pemindangan
4.1.5 menjelaskan
perbedaan atara tekstil alami dengan tekstil sintetis
4.1.6 menjelaskan
ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas
4.1.7 menjelaskan
sumber bahan tekstil sutera dan cara pengolahannya
4.1.8 menjelaskan
penggunaan bahan tekstil wol
4.1.9 menjelaskan
asal bahan tetoron dan ciri-cirinya
4.1.10 menyebutkan
bahan-bahan tekstil khusus yang digunakan untuk tusuk jahit atau tusuk hias
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
|
-
Sebutkan
macam-macam benang yang digunakan untuk membuat tusuk jahit atau tusuk hias
-
Sebutkan macam-macam
jarum yang digunakan untul menjahit
-
Jelaskan
perbedaan antara jarum runcing dan jarum tumpul
-
Jelaskan
fungsi pemindangan
-
Jelaskan
perbedaan atara tekstil alami dengan tekstil sintetis
-
Jelaskan
ciri-ciri tekstil yang terbuat dari kapas
-
Jelaskan
sumber bahan tekstil sutera dan cara pengolahannya
-
Jelaskan
penggunaan bahan tekstil wol
-
Jelaskan asal
bahan tetoron dan ciri-cirinya
-
Sebutkan bahan-bahan tekstil khusus yang digunakan untuk
tusuk jahit atau tusuk hias
|
Pedoman
Penilaian
1. Tugas
diberi skor 3
2. Nilai
maksimal 100
3. Nilai
siswa :
Rubrik
Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jawaban
sempurna
|
3
|
2
|
Jawaban
kurang sempurna
|
2
|
3
|
Jawaban
tidak sempurna
|
1
|
4
|
Tidak
menjawab
|
0
|
Makassar, 9 Januari 2012
Mengetahui
:
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. HJ. ROSMINI HJ. SAPIAH
NIP: 19591231 198903 2 027 NIP. 19521231 198003 2 018
Mengetahui
:
Pengawas
SMP Dinas Pendidikan
Kota Makassar
Drs.
Bahrum, M.Pd
NIP.
19621231 198703 1 225
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMP
Negeri 34 Makassar
Mata Pelajaran : Kerajinan Industri Rumah Tangga
Kelas / Semester : IX / 2
Standar
Kompetensi : 4. Mendeskripsikan keterampilan menjahit
Kompetensi
Dasar : 4.2.
Mempraktekkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan
)
Indikator :
Pertemuan 1
4.2.1 Menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit
atau tusuk hias
4.2.2 Menjelaskan cara untuk
mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias
4.2.3 Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur
4.2.4 Menjelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit
4.2.5 Menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag
4.2.6 Menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai
Pertemuan 2
4.2.7 Menjelaskan perbedaan tusuk rantai lepas dengan tusuk rantai
tertutup
4.2.8 Menjelaskan cara membuat tusuk feston
4.2.9 Menjelaskan macam-macam tusuk flanel
4.2.10 Menjelaskan cara membuat tusuk silang
4.2.11 Menjelaskan cara membuat tusuk pipih berloncatan
Pertemuan 3
4.2.12 Menjelaskan cara membuat tusuk simpul batang
4.2.13 Menjelaskan bentuk tusuk cabang yang digunakan untuk membuat
sisik daun
4.2.14 Menjelaskan pengertian teknik melekatkan benang
4.2.15 Menyebutkan
tusuk yang digunakan untuk melekatkan aplikasi ke bahan yang akan dihias
A.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk
hias
2.
Menjelaskan cara untuk mengakhiri
suatu tusuk jahit atau tusuk hias
3.
Menyebutkan
Peralatan dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat tusuk jahit
4.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur
5.
Menjelaskan
cara membuat tusuk jelujur
6.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jejak
7.
Menjelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk
belit
8.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk tangkai berzigzag
9.
Menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag
10. Menjelaskan cara membuat tusuk
rantai
11. Menyebutkan
macam-macam variasi tusuk rantai
Pertemuan
2
1.
Menjelaskan cara membuat
tusuk rantai
2.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai
3.
Menjelaskan cara membuat
tusuk feston
4.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk feston
5.
Menjelaskan cara membuat tusuk flanel
6.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk flanel
7.
Menjelaskan cara membuat tusuk silang
8.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk silang
9.
Menjelaskan cara membuat tusuk pipih
10.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk pipih
.
Pertemuan
3
1.
Menjelaskan cara membuat
tusuk simpul
2.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk simpul
3.
Menjelaskan cara membuat
tusuk cabang
4.
Menyebutkan macam-macam variasi tusuk cabang
5.
Menjelaskan
pengertian teknik melekatkan benang
6.
Menjelaskan
cara melekatkan benang
7.
Menjelaskan
cara membuat aplikasi (melekatkan perca kain )
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian (
carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk Hias
A.
Tusuk Jelujur
B.
Tusuk Tikam Jejak
C.
Tusuk Tangkai
D.
Tusuk Rantai
E.
Tusuk feston
F.
Tusuk Flanel
G.
Tusuk Silang
H.
Tusuk Pipih
I.
Tusuk Simpul
J.
Tusuk Cabang
K.
Melekatkan benang
L.
Melekatkan Perca Kain ( aplikasi )
C.
Metode Pembelajaran
A. Model
Pembelajaran : CTL / Pengarahan langsung
B. Metoda :
1.
Diskusi
2.
Tanya jawab
3.
Demonstrasi
4.
Pemberian tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias yang telah
selesai
b.
Pada white board
tuliskan kata-kata Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk
Hias
c. Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
F Menyampaikan
tahap demi tahap informasi tentang macam-macam tusuk jahit
atau tusuk hias
F
Meminta siswa
menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau
tusuk hias
F
Meminta siswa menjelaskan cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias
F
Meminta
siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur
F
Memerintahkan
siswa untuk menjelaskan
cara membuat tusuk jelujur
F
Meminta
siswa untuk menyebutkan macam-macam variasi tusuk jejak
F
Meminta siswa menjelaskan
cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit
F
Meminta
siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk tangkai berzigzag
F
Meminta
siswa menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag
F
Meminta
siswa menjelaskan
cara membuat tusuk rantai
F
Meminta
siswa menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai
F
Meminta
siswa meneliti macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias melalui daftar pustaka.
F
Meminta siswa
menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek penyusunnya.
F
Memberikan umpan balik
(pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada
hubungannya dengan
kehidupan
3. Penutup
a. Membimbing
siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias
-
cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias
-
Peralatan
dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat tusuk jahit
-
macam-macam variasi tusuk jelujur
-
cara
membuat tusuk jelujur
-
macam-macam variasi tusuk jejak
-
cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit
-
macam-macam variasi tusuk tangkai berzigzag
-
cara membuat tusuk tangkai berzigzag
-
cara
membuat tusuk rantai
-
macam-macam variasi tusuk rantai
-
b.
Memberikan informasi
kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahas lanjutan materi pada hari ini.
Pertemuan 2
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias yang telah
selesai
b.
Pada white board
tuliskan kata-kata Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk
Hias
c.
Menjelaskan kepada siswa bahwa materi hari ini
lanjutan pada pertemuan sebelumnya.
d. Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
F Menyampaikan
tahap demi tahap informasi tentang macam-macam tusuk jahit
atau tusuk hias
F Meminta siswa menjelaskan
cara membuat tusuk rantai
F Meminta siswa menyebutkan
macam-macam variasi tusuk rantai
F Meminta siswa menjelaskan
cara membuat tusuk feston
F Meminta siswa menyebutkan
macam-macam variasi
tusuk feston
F Meminta
siswa menjelaskan cara membuat tusuk flanel
F Meminta siswa menyebutkan
macam-macam variasi tusuk flanel
F Meminta
siswa menjelaskan cara membuat tusuk silang
F Meminta siswa menyebutkan
macam-macam variasi tusuk silang
F Meminta siswa menjelaskan
cara membuat tusuk pipih
F Meminta siswa menyebutkan
macam-macam variasi tusuk pipih
F Memerintahkan siswa meneliti macam-macam tusuk
jahit atau tusuk hias melalui
daftar pustaka.
F Meminta
siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek
penyusunnya.
F
Memberikan umpan balik
(pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap penjelasan siswa baik pada teorinya maupun pada
hubungannya dengan
kehidupan
3. Penutup
a.
Membimbing siswa
membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
cara membuat
tusuk rantai
-
macam-macam variasi tusuk rantai
-
cara membuat
tusuk feston
-
macam-macam variasi
tusuk feston
-
cara membuat tusuk flanel
-
macam-macam variasi tusuk flanel
-
cara membuat tusuk silang
-
macam-macam variasi tusuk silang
-
cara membuat tusuk pipih
-
macam-macam variasi tusuk pipih
b. Memberikan informasi kepada siswa
bahwa pertemuan selanjutnya akan dibahan
lanjutan materi pada hari ini.
Pertemuan
3
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan macam-macam tusuk jahit atau tusuk hias dan aplikasi yang
telah selesai
b.
Pada white board
tuliskan kata-kata Praktek Membuat Macam-Macam Tusuk Jahit Atau Tusuk
Hias
c.
Menjelaskan kepada siswa bahwa materi hari ini
lanjutan pada pertemuan sebelumnya.
d. Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
F Menyampaikan tahap
demi tahap informasi tentang macam-macam tusuk jahit
atau tusuk hias
F Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk simpul
F Memerintahkan siswa menyebutkan
macam-macam variasi tusuk simpul
F Meminta siswa menjelaskan cara membuat tusuk cabang
F Meminta siswa menyebutkan
macam-macam variasi
tusuk cabang
F Memerintahkan menjelaskan
pengertian teknik melekatkan benang
F Meminta siswa menjelaskan cara
melekatkan benang
F Memerintahkan menjelaskan cara
membuat aplikasi (melekatkan perca kain )
F Memerintahkan siswa meneliti macam-macam tusuk
jahit atau tusuk hias melalui
daftar pustaka.
F Meminta
siswa menyampaikan hasil penelitiannya dengan menyebutkan aspek-aspek
penyusunnya.
3. Penutup
a.
Membimbing siswa
membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
cara membuat
tusuk simpul
-
macam-macam variasi tusuk simpul
-
cara membuat
tusuk cabang
-
macam-macam variasi
tusuk cabang
-
pengertian
teknik melekatkan benang
-
cara
melekatkan benang
-
ara
membuat aplikasi (melekatkan perca kain )
b. Memberikan informasi kepada siswa bahwa
pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan praktek membuat keperluan pribadi dan
lenan rumah tangga sambil meminta agar siswa menyiapkan alat dan bahan yang
diperlukan untuk keperluan praktek tersebut
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku
Keterampilan Tata Busana, Lisyani Affandi, Ganeca Exact, 2006
2.
Macam-macam
jarum
3.
macam-macam
kain
4.
Chart
5.
RPP
6.
Sumber
lain yang relevan dengan materi
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
4.2.1 Menjelaskan salah satu cara untuk memulai suatu tusuk jahit atau
tusuk hias
4.2.2 Menjelaskan cara untuk
mengakhiri suatu tusuk jahit atau tusuk hias
4.2.3 Menyebutkan macam-macam variasi tusuk jelujur
4.2.4 Menjelaskan cara membuat tusuk tikam jejak dengan tusuk belit
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
|
-
Jelaskan salah satu cara
untuk memulai suatu tusuk jahit atau tusuk hias
-
Jelaskan cara untuk mengakhiri suatu tusuk jahit
atau tusuk hias
-
Sebutkan macam-macam variasi
tusuk jelujur
-
Jelaskan cara membuat tusuk
tikam jejak dengan tusuk belit
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
4.2.5 Menjelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag
4.2.6 Menyebutkan macam-macam variasi tusuk rantai
4.2.7 Menjelaskan perbedaan tusuk rantai lepas dengan tusuk rantai
tertutup
4.2.8 Menjelaskan cara membuat tusuk feston
4.2.9 Menjelaskan macam-macam tusuk flanel
4.2.10 Menjelaskan cara membuat tusuk silang
4.2.11 Menjelaskan cara membuat tusuk pipih
berloncatan
4.2.12 Menjelaskan cara membuat tusuk simpul batang
4.2.13 Menjelaskan bentuk tusuk cabang yang
digunakan untuk membuat sisik daun
4.2.14 Menjelaskan pengertian teknik melekatkan
benang
4.2.15 Menyebutkan tusuk yang digunakan untuk
melekatkan aplikasi ke bahan yang akan dihias
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes Uraian
|
-
Jelaskan cara membuat tusuk tangkai berzigzag
-
Sebutkan macam-macam variasi tusuk rantai
-
Jelaskan perbedaan tusuk rantai lepas dengan tusuk rantai tertutup
-
Jelaskan cara membuat tusuk feston
-
Jelaskan macam-macam tusuk flanel
-
Jelaskan cara membuat tusuk silang
-
Jelaskan cara membuat tusuk pipih berloncatan
-
Jelaskan cara membuat tusuk simpul batang
-
Jelaskan bentuk tusuk cabang yang digunakan untuk membuat sisik daun
-
Jelaskan pengertian teknik melekatkan benang
-
Sebutkan tusuk yang digunakan untuk melekatkan aplikasi ke bahan yang
akan dihias
|
Pedoman
Penilaian
1. Tugas
diberi skor 3
2. Nilai
maksimal 100
3. Nilai
siswa :
Rubrik
Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jawaban
sempurna
|
3
|
2
|
Jawaban
kurang sempurna
|
2
|
3
|
Jawaban
tidak sempurna
|
1
|
4
|
Tidak
menjawab
|
0
|
Makassar, 9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. HJ. ROSMINI HJ. SAPIAH
NIP: 19591231 198903 2 027 NIP. 19521231 198003 2 018
Mengetahui
:
Pengawas
SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs.
Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMP
Negeri 34 Makassar
Mata Pelajaran : Kerajinan Industri Rumah Tangga
Kelas / Semester : IX / 2
Standar
Kompetensi : 4. Mendeskripsikan keterampilan menjahit
Kompetensi
Dasar : 4.3.
Praktek membuat keperluan pribadi dan
lenan rumah tangga
Alokasi
Waktu : 8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan
)
Indikator :
Pertemuan 1 - 2
4.3.1 Melaksanakan pembuatan hiasan sulam fantasi pada taplak meja tamu
Pertemuan 3 - 4
4.3.2 Melaksaakan pembuatan hiasan dinding dengan
hiasan tusuk silang
A.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 - 2
1.
Melaksanakan pembuatan hiasan
sulam fantasi pada taplak meja tamu
2.
Menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan
3.
membuat
sketsa pekerjaan
4.
Bekerja
dengan memperhatikan keselamatan kerja
5.
Bekerjasama
dengan teman
Pertemuan
3
- 4
1.
Melaksanakan pembuatan hiasan
dinding dengan hiasan tusuk silang
2.
Menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan
3.
membuat
sketsa pekerjaan
4.
Bekerja
dengan memperhatikan keselamatan kerja
5.
Bekerjasama
dengan teman
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian (
carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Praktek Membuat Keperluan
Pribadi Dan Lenan Rumah Tangga Tusuk Jelujur
F Macam-macam
teknik menghias kain
F Membuat
taplak meja tamu
F Membuat
hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
C.
Metode Pembelajaran
A. Model
Pembelajaran : CTL / Pengarahan langsung
B. Metoda :
1.
Tanya jawab
2.
Demonstrasi
3.
Pemberian tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 - 2
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan taplak meja tamu dengan hiasan yang telah selesai
b.
Pada white board
tuliskan kata-kata Praktek Membuat keperluan pribadi dan lenan rumah
tangga
c. Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
F Menyampaikan
tahap demi tahap informasi cara
membuat hiasan pada taplak meja tamu
F Meminta
siswa menyiapkan alat dan
bahan yang diperlukan
F Meminta
siswa mengukur besar
taplak meja yang akan dibuat
F Memerintahkan siswa untuk membuat pola pekerjaan yang
akan dibuat pada taplak meja tamu
F Meminta siswa untuk menjiplak motif hiasan pada pola yang
telah dikelim menggunakan karbon biasa
F Memerintahkan siswa mulai menghias taplak meja dengan
teknik melekatkan benang seperti yang telaj dijelaskan pada pertemuan sebelumnya
F
Memberikan umpan balik
(pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap pekerjaan siswa baik pada
motif hiasan
maupun pada hasil akhir
pekerjaan
3. Penutup
a. Membimbing
siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
cara untuk membuat
ukuran taplak meja
-
cara untuk membuat pola
pekerjaan
-
Peralatan
dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat taplak meja
-
cara menjiplak motif hiasan
-
cara
bekerja dengan memperhatikan keselamatan kerja
-
cara bekerja sama dengan teman
b.
Memberikan informasi
kepada siswa bahwa pekerjaan
boleh dilanjutkan di rumah, jika belum selesai pada pertemuan
selanjutnya akan dilanjutan pekerjaan
tersebut di sekolah. namun bila telah selesai boleh dikumpul untuk kemudian
dilanjutkan pada proyek selanjutnya.
Pertemuan 3 - 4
1. Pendahuluan
a.
Memotivasi siswa dengan
memperlihatkan hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang yang telah
selesai
b.
Pada white board
tuliskan kata-kata membuat hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
c. Menyampaikan
kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Inti
d.
Menyampaikan tahap demi
tahap informasi cara membuat hiasan dinding
dengan hiasan tusuk silang
F Meminta
siswa menyiapkan alat dan
bahan yang diperlukan
F Meminta
siswa mengukur besar
hiasan dinding yang akan dibuat
e.
Memerintahkan
siswa untuk membuat pola pekerjaan yang akan dibuat pada hiasan dinding dengan
hiasan tusuk silang
F Meminta siswa untuk membuat motif hiasan
F Memerintahkan siswa mulai mebuat tusuk silang – tusuk
silang pada bahan dengan warna benang sesuai dengan petunjuk gambar
F meminta siswa kalau telah selesai, pasang gambar tersebut
pada pigura dan tempelkan hiasan dinding tersebut menggunakann paku
F
Memberikan umpan balik
(pujian) pada aspek-aspek yang sudah benar terhadap pekerjaan siswa baik pada
motif hiasan
maupun pada hasil akhir
pekerjaan
3. Penutup
a. Membimbing
siswa membuat rangkuman pelajarannya. Rangkuman pembelajaran berisi tentang :
-
cara untuk membuat hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
-
cara untuk membuat pola
pekerjaan
-
Peralatan
dan bahan yang disediakan sebelum memulai membuat taplak meja
-
cara menjiplak motif hiasan
-
cara
bekerja dengan memperhatikan keselamatan kerja
-
cara bekerja sama dengan teman
b.
Memberikan informasi
kepada siswa bahwa pekerjaan
boleh dilanjutkan di rumah, jika belum selesai pada pertemuan
selanjutnya akan dilanjutan
pekerjaan tersebut di sekolah. namun bila telah selesai boleh dikumpul.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku
Keterampilan Tata Busana, Lisyani Affandi, Ganeca Exact, 2006
2.
Macam-macam
jarum
3.
macam-macam
kain
4.
Chart
5.
RPP
6.
Sumber
lain yang relevan dengan materi
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
4.3.1 Melaksanakan pembuatan hiasan sulam fantasi
4.3.2 Melaksanakan
pembuatan hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
|
Tes unjuk kerja
Pemberian tugas
Tes unjuk kerja
Pemberian tugas
|
Uji petik karya
Uji petik karya
|
-
Buatlah sebuah hiasan sulam fantasi
-
Buatlah sebuah hiasan dinding dengan hiasan tusuk silang
|
Pedoman
Penilaian
1. Tugas
diberi skor 3
2. Nilai
maksimal 100
3. Nilai
siswa :
Rubrik Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Pekerjaan
sempurna
|
3
|
2
|
Pekerjaan
kurang sempurna
|
2
|
3
|
Pekerjaan
tidak sempurna
|
1
|
4
|
Tidak bekerja
|
0
|
Makassar, 9 Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMPN 34 Makassar Guru
Mata Pelajaran
Dra. HJ. ROSMINI HJ. SAPIAH
NIP: 19591231 198903 2 027 NIP. 19521231 198003 2 018
Mengetahui
:
Pengawas
SMP Dinas Pendidikan
Kota
Makassar
Drs.
Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
Tidak ada komentar:
Posting Komentar