SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 34 Makassar
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan.
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran* | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
5.1.Menjelaskan Proses persiapan kemerdekaan Indonesia. | 1. Senang Membaca 2. kritis, rasa ingin tahu 3. rasa ingin tahu | Alasan Jepang membentuk BPUPKI Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara yang akan didirikan Peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia | Membaca referensi untuk membahas alasan Jepang membentuk BPUPKI Menelaah dengan buku sumber proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan Mengkaji dengan referensi tentang peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia | · Menjelaskan alasan jepang membentuk BPUPKI · Mendiskripssikan secara kronologis proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan · Mendeskripsikan dibentuknya PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan alasan Jepang membentuk BPUPKI Jelaskan peyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan Jelaskan alasan dibentuknya PPKI Dan peran yang sudah dilakukan | 10 JP | 1. Buku sumber yang relevan 2. Foto –foto dan gambar 3. Atlas Sejarah 4. Lukisan sejarah 5. Musium 6. Monumen Biografi |
5.2.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia | 1. Kritis, senang membaca 2. senang membaca, rasa ingin tahu 3. senang membaca 4. kritis dan kreatif 5. senang membaca, rasa ingin tahu | Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia Penyebaran berita proklamasi kemerdekaan melalui berita radio,panflet,selebaran Proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan sidang PPKI Dukungan dari berbagai daerah berupa dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah | Menggali informasi tentang perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan referensi dan sumber lain yang relefan Membuat naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan menampilkannya Menggali informasi dengan referensi dan sumber yang relevan penyebaran berita proklamasi dan gambar-gambar peristiwa sejarah tentang kemerdekaan Menelaah proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia dengansidang-sidang PPKI;tanggal 18 ,19 dan 22 Agustus 1945 Membaca buku referensi dan mengamati gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah | · Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia · Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia · Mendeskripsi-kan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah · Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI · Menganalis dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia | Uji petik kerja dan tes unjuk kerja Penugasan Tes tulis Penugasan | Tes pilihan ganda Tes simulasi Tugas proyek Tes Uraian Tugas proyek | Perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda tentang kemerdekaan ialah.... a.teks proklamasi b. waktu pelaksanaan c. tempat pelaksanaan d. pembaca teks proklamasi Buatlah naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan simulasikan Kumpulkan gambar-gambar proses penyebaran berita proklamasi dengan referensi dan sumber lain yang relefan serta berikan tanggapan Jelaskan bahwa sidang PPKI tanggal 18,19 dan 22 agustus 1945 berarti telah terbentuk negara dan pemerintah Republik Indonesia Kumpulkan gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan referensi, foto, gambar, atau sumber lain yang relefan dan berikan tanggapanmu | 6 JP | Buku sumber yang relevan Foto –foto dan gambar Atlas Sejarah Musium 7. Monumen |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 34 Makassar
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran* | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial | 1. Demokra-tis, tanggung jawab 2. rasa ingin tahu 3. demokra-tis, tanggung jawab | Bentuk-bentuk hubungan sosial. Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Dampak-dampak hubungan sosial. | Diskusi tentang bentuk-bentuk hubungan sosial. Tanya jawab tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Diskusi tentang dampak-dampak hubungan sosial. | · Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial. · Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. · Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial! Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial! | 6 JP | Gambar-gambar yang relevan LKS Buku sumber yang relevan Media masa |
6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat | 1. Rasa ingin tahu 2. Demokratis, tanggung jawab 3. senang membaca | Pengertian pranata sosial. Fungsi pranata sosial Jenis-jenis pranata sosial. | Tanya jawab tentang pengertian pranata sosial. Diskusi tetang fungsi pranata sosial. Membaca buku sumber tentang jenis-jenis pranata sosial. | · Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian. · Mengidentifikasi fungsi pranata sosial. · Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial. | Tes tulis. Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tes Uraian . Tugas rumah | Jelaskan pengertian pranata sosial! · Sebutkan fungsi pranata sosial! Tulislah pranata-pranata yang berlaku dalam keluargamu! | 6 JP | Gambar-gambar yang relevan LKS Buku sumber yang relevan Media masa |
6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial | 1. kreatif, kritis 2. kreatif, kritis | Jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif). Peran lembaga-lembaga pengendalian sosial | Menyimpulkan jenis-jenis pengendalian sosial. Menelaah peran lembaga-lembaga pengendalian sosial | Mengidentifikasi jenis pengendalian penyimpangan sosial. · Menguraikan peran lembaga-lembaga pengendalian sosial. | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Berilah contoh pengendalian sosial yang bersifat preventif Jelaskan tugas lembaga kepolisian dalam pengendalian sosial! | 6 JP | |
Makassar, Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 34 Makassar Guru Mata Peajaran
Dra. Hj. Rosmini Hasiming, S.Pd
NIP. 19591231 198903 2 027 NIP. 19651231 198903 2 113
Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota Makassar
Drs. Bahrun, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 34 Makassar
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 7. Memahami Kegiatan perekonomian Indonesia.
Kompetensi Dasar | Nilai Karakter | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran* | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
7.1. Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penang-gulangannya | 1. Demokra-tis, tanggung jawab 2. rasa ingin tahu 3. Demokra-tis, tanggung jawab 4. Demokra-tis, tanggung jawab 5. kreatif 6. rasa ingin tahu | Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempa tan kerja Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Permasalahan tenaga kerja Indonesia. Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan. Peningkatan mutu tenaga kerja Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Mendiskusikan hubungan antara jumlah penduduk dengan angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran. Tanya jawab tentang permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia Mendiskusikan dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan Mendiskusikan dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan. Mendiskusikan cara meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia Tanya jawab tentang peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja | · Menjelaskan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja · Menganalisis hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran · Mengidentifikasi permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja di Indonesia (jumlah, mutu, persebarandan angka pengangguran) · Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan · Mengidentifikasi peningkatan mutu tenaga kerja · Mengidentifikasi peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia | Tes tulis Tes tulis Obsevasi Penugasan Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes pilihan ganda Lembar Observasi Tugas rumah (PR) Tes Uraian Tes Uraian | Apakah perbedaan tenaga kerja dan angkatan kerja ? Sebagian penduduk yg berfungsi ikut serta dlm proses produksi untuk menghasilkan barang/jasa disebut .... a. tenaga kerja c. pencari kerja b. angkatan kerja d. pekerja Coba lakukan pengamatan bagaiman hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran Jelaskan 3 dampak negatif banyaknya pengangguran di suatu daerah ! Jelaskan bagaiman cara meningkatkan kualitas tenaga kerja Sebutkan 4 lembaga baik formal maupun non formal yang turut serta dalam penyaluran tenaga kerja ! | 10 JP | Buku Materi Nara sumber Rubrik di media cetak yang memuat tentang kualitas tenaga kerja, masalah pengang guran dan lapangan kerja Lingkungan masyarakat Bursa tenaga kerja |
7.2. Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia | 1. Demokratis, tang-gung jawab 2. rasa ingin tahu, kreatif 3. senang membaca, demokra-tis 4. rasa ingin tahu | - Sistem perekonomian Indonesia -Pelaku-pelaku kegiatan per- ekonomi di Indonesia Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia . Kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia. | Mendiskusikan Pengertian sistem Perekonomian Tanya jawab tentang macam-macam sistem Perekonomian, kebaikan dan kelemahannya setelah membaca literatur tertentu Membaca buku yg relefan dan menduiskusikan tentang ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia. Tanya jawab tentang kebaikan dan kelemahan sistem perekono mian Indonesia. | · Mendeskripsikan arti sistem perekonomian dan macam-macamnya · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi · Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia · Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia | Tes Tertuis Tes Lisan Penugasan Tes tulis | Tes Uraian Lembar pertanyaan Pekerjaan Rumah Tes uraian | Jelaskan arti sistem perekonomian Sebutkan kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian liberal Sebutkan ciri-ciri sistem perekonomian Indonesia! Sebutkan kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia | 8 JP | Buku sumber yang relevan |
7.3. Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional | 1. berfikir kritis 2. komunikatif 3. komunikatif, demokratis 4. tanggung jawab 5. demokratis,tanggung jawab 6. demokratis,tanggung jawab 7. demokratis dan mandiri 8. Jujur | Pengertian pajak dan retribusi. Sifat dan penetapan tarip Pajak Perbedaan pajak langsung dengan pajak tidak langsung Perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah Fungsi dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara. Jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga. Sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya Penerapan membayar pajak | Merumuskan pengertian pajak dan retribusi. Mendiskusikan sifat dan penetapan tarif pajak Mendiskusikan perbedaan pajak langsung dan tidak langsung Mendiskusikan fungsi dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara Mendiskusikan fungsi dan peranan pajak dalam kehidupan suatu negara. Mendiskusikan jenis-jenis pajak yang ditanggung keluarga Mengidentifikasi sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya Mendiskusikan cara / penerapan membayar pajak | ·Mendefinisikan pengertian pajak dan retribusi. ·Mengidentifikasi sifat dan penetapan tarif pajak. ·Membedakan pajak langsung dengan pajak tidak langsung. ·Menjelaskan perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah beserta contohnya Mengidentifikasi unsur- unsur pajak. ·Menjelaskan fungsi dan peranan pajak dalam kehi dupan suatu negara. ·Mengidentifikasi jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga. ·Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannya. ·Mengaplikasikan kesadaran membayar pajak yang berpegang pada „Orang Bijak Taat pajak“ | Tes tulis Tes Lisan Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes lisan Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Daf tar Pertanyaan Tugas rumah Tes uraian Tes uraian Daftar pertanyaan Tes Uraian Tugas Rumah | Jelaskan pengertian pajak Apa yang dimaksud dengan tarip pajak? Apa perbedaan pajak langsung dan pajak tidak langsung? Jelaskan perbedaan pajak pusat dan pajak daerah Jelaskan fungsi pajak bagi suatu negara Sebutkan jenis-jenis pajak yang biasa dibayar oleh keluargamu Apakah sangsi yang diberikan kepada wajib pajak yang lalai membayar pajak ? Coba lakukan bagaimana kamu membantu orang tuamu membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau pajak kendaraan bermotor yang dimiliki | 8 JP | Buku sumber yang relevan Internet Bukti pembayaran pajak Brosur- brosur tentang pajak Data RAPBN Kantor Pelayanan Pajak Tempat- tempat pembayaran pajak |
7.4.Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terben-tuknya harga pasar | 1. berfikir kritis 2. demokratis, komunikatif 3. demokratis, tanggung jawab 4. demokratis, tanggung jawab 5. demokratis, tanggung jawab 6. demokratis, tanggung jawab 7. demokratis, tanggung jawab 8. demokratis, tanggung jawab 9. demokratis, tanggung jawab 10. tanggung jawab 11. berfikir kritis 12. berfikir kritis, demokratis 13. demokratis, tanggung jawab | Pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa. Hukum Permintaan Kurve permintaan Ceteris Paribus Penerapan Hk. Permintaan Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa. Hukum Penawaran Kurve penawaran Ceteris Paribus Penerapan Hk. Penawaran Pengertian harga Macam-macam harga (termasuk harga yang ditetapkan pemerintah). Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga keseimbangan | Merumuskan pengertian permintaan dan mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan Mendiskusikan hubungan permintaan barang dengan harga barang yang diminta Mendiskusikan cara membuat kurve permintaan Mendiskusikan tentang ceteris Paribus Hk. permintaan Mendiskusikan cara menerapkan Hk. Permintaan dlam hidup sehari-hari Mendiskusikan Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. Mendiskusikan hubungan antara penawaran dengan harga barang yang ditawarkan Mendiskusikan cara membuat kurve penawaran Mendiskusikan tentang ceteris Paribus Hk. penawaran Mendiskusikan cara menerapkan Hk. Penawaran dlam hidup sehari-hari Merumuskan pengertian harga Mendiskusikan macam-macam harga dan penetapan harga oleh pemerintah Mendiskusikan terjadinya kurve harga keseimbangan | · Mendeskripsikan pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang / jasa · Menjelaskan hubungan antara permintaan barang/jasa dengan harga barang / jasa tersebut. · Membuat kurve permintaan berdasarkan pada jumlah permintaan dan harga barang yang diminta · Mendeskripsikan tentang berlakunya hukum permintaan itu ceterisparibus · Mengaplikasikan Hk. Permintaan dalam kehidupan sehari-hari · Mendefinisikan pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa. · Mengidentifikasi keterkaitan antara penawaran dengan harga barang yang di tawarkan. · Membuat kurve penawaran · Mendeskripsikan tentang berlakunya penawaran itu ceterisparibus · Mengaplikasikan Hk. Penawaran dalam kehidupan sehari-hari · Mendefinisikan pengertian harga. · Mendiskripsikan macam-macam harga termasuk harga yang ditetapkan pemerintah · Mengidentifikasi hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga keseimbangan | Tes tulis Tes tulis Observasi Tes tulis Penugasan Penugasan Tes Unjuk Kerja Tes unjuk kerja Tes tertulis Penugasan Tes tulis Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tes uraian Lembar observasi Tes uraian Tugas Rumah Tugas Rumah (PR) Tes Simulasi Hasil produk Tes Uraian Tugas Rumah Tes Uraian Tes Uraian Tugas Rumah | Jelaskan pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi! Bagaimana hubungan antara permintaan dan harga barang! Buatlah kurva permintaan berdasarkan jumlah permintan dan harga barang tersebut Jelaskan pengertian ceteris Paribus pada hukum permintaan Coba bandingkan harga buah-buahan yang ingin kamu beli dan jumlahnya banyak karena sedang musimnya, dengan buah yang jumlahnya sedikit karena belum musimnya Jelaskan pengertian penawaran dan faktor-faktor yg mempengaruhi Bagaimana hubungan antara jumlah barang yang ditawarankan dengan harga barang tersebut ? Buatlah kurva penawaran berdsarkan jumlah barang yang ditawarankan dengan harga barang yang ditawarkan tersebut ? Jelaskan pengertian ceterisparibus pada hukum penawaran Coba bandingkan harga buah-buahan yang dijual dan jumlahnya banyak karena sedang musimnya, dengan buah yang jumlahnya sedikit karena belum musimnya Jelaskan pengertian Harga Sebutkan macam-macam harga! Buatlah kurva permintaan dan penawaran berdsarkan jumlah barang dengan harga barang tersebut dalam satu grafik | 8 JP | Buku sumber yang relevan Pasar Gambar kurva Media cetakdan elektronika tentang informasi harga |
Makassar, Januari 2012
Mengetahui :
Kepala SMP Negeri 34 Makassar Guru Mata Pelajaran
Dra. Hj. Rosmini Hasiming, S.Pd
NIP. 19591231 198903 2 027 NIP. 19651231 198903 2 113
Mengetahui :
Pengawas SMP Dinas Pendidikan
Kota Makassar
Drs. Bahrum, M.Pd
NIP. 19621231 198703 1 225
pak tolong diktatnya kelas 8 semester 2 di posting
BalasHapusdari Aryo anak 8.1
pak tolong diktatnya dikirim ke Email saya
BalasHapusDari Muhammad Farid Usman kelas 8.1