Cari Blog Ini

Rabu, 02 Januari 2013

Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kelas: Sebuah Analisis Perbandingan Wacana



 


Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kelas:
Sebuah Analisis Perbandingan Wacana



Oleh :


SANNAI, S.Pd
NIM. 12B08078




Canadian Journal of Learning dan Teknologi
Volume 30 (2) Spring / printemps 2004

Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kelas:
Sebuah Analisis Perbandingan Wacana

Penulis
Bastien Sasseville, (MA Sejarah; PhD Pendidikan) saat mengajar didaktik di Université du Québec à Rimouski, Quebec, Kanada. Bidang utamanya adalah hubungan antara pendidikan, teknologi dan masyarakat. Dia sangat tertarik dengan cara di mana perubahan, dari perspektif ideologis, diterapkan dalam pendidikan dan bagaimana wacana mendukung dan membenarkan perubahan.

Kontak: Bastien Sasseville, Departemen de l'Pendidikan, Université du Québec à Rimouski, 300, allée des Ursulines, Rimouski, Québec, Kanada, G5L 3A1. Telepon: (418) 723-1986 / 1249. Email: bastien_sasseville@uqar.qc.ca

TUJUAN
Penelitian ini mengeksplorasi fenomena tentang pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kelas melalui wacana analisis komparatif guru sekolah dasar dan menengah serta mempelopori  pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar di kelas pada tingkatan sekolah dasar dan sekolah menengah.

KAJIAN
Wacana tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akhir-akhir ini sering diabaikan oleh para peneliti dan akademisi sebagai sarana untuk memahami proses komputerisasi di bidang pendidikan.
Hasil menunjukkan bahwa pemerintah cenderung untuk melihat TIK sebagai cara transformasi pendidikan sedangkan guru melihatnya hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Visi perubahan sosial yang didasarkan pada kemajuan teknologi, menganggap bahwa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang paling mutakhir merupakan suatu kebutuhan siswa dan cara-cara praktis untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak menentang integrasi TIK;  mereka tertarik dengan cara-cara yang efektif untuk melaksanakan proses pembelajaran. Konteks perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK)  terintegrasi juga merupakan hambatan utama untuk mengubah model pembelajaran yang biasa dilakasanakan oleh guru.
Di masa lalu, guru enggan untuk mengintegrasikan inovasi teknologi ke dalam kegiatan proses pembelajaran mereka sehari-hari. Situasi ini belum berubah selama beberapa tahun terakhir . Bahkan jika perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sekarang tersedia di hampir setiap sekolah dasar dan menengah di provinsi ini, hanya kurang lebih lima puluh persen guru menggunakan teknologi ini untuk proses belajar mengajar.
Kenyataan ini sangat mengganggu mengingat bahwa sistem sekolah di Quebec sedang mengalami reformasi pendidikan dan bahwa teknologi informasi dan komunikasi (TIK)  merupakan salah satu elemen kunci dari reformasi itu, dimana jutaan dolar telah disuntikkan ke dalam sistem pendidikan untuk membuat perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tersedia untuk setiap sekolah di provinsi tersebut.
Pada saat yang sama, beberapa orang mempertanyakan relevansi dari meluasnya penggunaan TIK di kelas sedangkan umumnya kualitas pendidikan tidak menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam kinerja siswa dan pembelajaran. Mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas tidak suara bulat diterima di antara para sarjana dan guru, bahkan menurut beberapa orang, hal itu dapat menimbulkan banyak bahaya, misalnya komputerisasi pendidikan bisa membatasi keragaman pendekatan pedagogis sebagai satu-satunya model pembelajaran dan kinerja akademik secara implisit didukung oleh teknologi. Seperti komputer dan internet lebih sering digunakan di ruang kelas kami hanya karena dorongan pemerintah, proses komputerisasi dalam pendidikan dapat dianggap sebagai alat kontrol baru yang dikenakan pada guru dan siswa oleh golongan berbasis teknologi dan semakin merusak tatanan ekonomi
Selain itu, sebagai profesional, guru masih memiliki masalah yang berkaitan dengan mengadaptasi alat baru untuk kegiatan mereka, yaitu yang terkait dengan konteks penggunaan, dan bagaimana memperoleh informasi yang tersedia di Internet yang berkaitan dengan konteks pembelajaran.
Tapi, jika ada resistensi terhadap komputerisasi di bidang pendidikan dan jika ada begitu banyak masalah yang terkait dengan itu, apa motivasi kita untuk melakukannya? Apa inti dari wacana tentang integrasi TIK dalam pendidikan? Apa ide-ide dasarnya?. Oleh karena itu penulis memutuskan untuk mempelajari masalah integrasi TIK di kelas bukan sebagai masalah teknis tetapi sebagai fenomena ideologis. Ada kebutuhan penting untuk melakukan studi kualitatif integrasi TIK dalam rangka untuk lebih memahami bagaimana ide-ide dan sikap kita terhadap teknologi yang muncul saat ini.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak statis tapi didukung oleh sebuah ideologi yang memberikan ide-ide untuk mengimplementasikan arah arus pemikiran yang beragam seperti globalisasi ekonomi, masyarakat informasi baru, kebijakan nasional dan munculnya pemerintahan dunia. Ideologi ini juga dipicu oleh banyaknya keyakinan  dan pernyataan tentang dampak perubahan teknologi dalam masyarakat kita dan oleh berbagai sumber di media tentang masa depan. Menimbang bahwa representasi dari ICT dalam usaha,  telah di analisis dan menyimpulkan bahwa TIK bisa menjadi pendekatan yang sangat menguntungkan bila bisa lebih memahami masalah integrasi TIK di sekolah-sekolah kita. Penulis ingin mengetahui apakah wacana tentang pengintegrasian TIK dan penggunaannya di dalam kelas oleh semua pemain dalam pendidikan. Atau, ada wacana yang berbeda yang dihadapi masing-masing ide dan visi tentang peran dan penggunaan teknologi dalam pendidikan?

Ada wacana yang mengatakan anda tidak sendirian dan pembicara bukanlah satu-satunya orang yang paling tahu, (Adam, 1990; Maingueneau, 1991). Wacana ini juga melihat, dengan pendekatan perspektif dialektis dan menganggap tidak hanya sebagai sarana untuk menyampaikan ide-ide, tetapi sebagai cara untuk meyakinkan pandangan yang bertentangan selain dari wacana yang hadir dalam konteks yang sama. Proses dialektika adalah dasar komunikasi (Angenot, 1982; Bakhtine, 1981).
Tujuan dari analisis wacana adalah untuk mengekspos makna dengan mencari benang penghubung dalam bentuk pidato dan strategi diskursif dengan jenis lain dalam konteks tertentu (Adam, 1990). Analisis dilakukan melalui pemeriksaan internal pidato atau teks, dari pendahuluan, yang berkaitan dengan isi (kata-kata dan ide-ide) dan bentuk (bentuk sintaksis, mode deskriptif, kiasan, dll).

Dalam penelitian ini, jenis analisis ini diterapkan pada dua kelompok besar pandagan. Yang pertama dikumpulkan dari banyak pilihan teks yang ditujukan untuk guru pada topik integrasi TIK di kelas, diambil dari jurnal pedagogis dan pendidikan serta majalah 1995-2001 (lihat Lampiran I). Yang kedua diperoleh dengan mewawancarai dua puluh tiga guru sekolah dasar dan menengah, dari wilayah dataran rendah Saint-Lawrence di provinsi Quebec, Kanada, pada topik yang sama selama tahun ajaran 2000-2001 (lihat Lampiran II). Para guru yang dipilih secara demografi - mewakili berbagai usia, pengalaman dan spesialisasi - dan yang lebih penting adalah bahwa mereka telah melakukan proses mengintegrasikan TIK ke dalam kelas mereka. Wawancara dilakukan secara terbuka selama satu tahun. Mereka benar-benar ditranskripsi ke bentuk tertulis, menciptakan bentuk yang sama pada kedua kelompok untuk dilakukan analisis.

Analisis ini menggunakan metoda ceramah (Fossion et Laurent, 1981; lihat Lampiran III) dan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, dilakukan melalui dua korporasi. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa kita memiliki dua hal yang sebanding. Kita harus memastikan bahwa keduanya adalah sama dan pada tingkat yang sama berkaitan dengan isi (tema dan ide-ide). Seleksi ini juga diperlukan karena banyak teks dan wawancara tidak cocok terhadap metoda ceramah dan, bahkan jika mereka adalah subyek ICT terintegrasi di kelas, mereka tidak memiliki metoda ceramah yang dapat memberikan hasil yang signifikan. Bisa dikatakan bahwa mereka yang gagal adalah mereka yang tidak bisa "berbicara" kepada analis. Hanya sebelas teks dan delapan wawancara dipilih untuk analisis diskursif akhir.

Tahap kedua terdiri dari proses dekonstruksi dari isi dan bentuk teks itu sendiri dengan mengisolasi setiap item dari grid dan mengekspos maknanya dalam kaitannya dengan teks dan pola umum yang diskursif. Setiap item memiliki makna secara kumulatif, dan setiap elemen dihubungkan secara logis, dan sebagian secara struktural. Mengingat pola diskursif umum mencoba untuk menemukan makna batin. maka etiap elemen dianggap dari sudut pandang kontribusinya terhadap makna dari apa yang dikatakan dan cara di mana ia membantu pembicara membangun pidato persuasifnya.

Jenis analisis ini dapat mengungkapkan makna tersembunyi dalam pidato. Misalnya, penggunaan kata sifat menunjukkan penghargaan pembicara untuk subjek, tetapi mereka juga dapat digunakan untuk menyampaikan, jika kita menganggap sebagai pola diskursif umum sistem kepercayaan. Misalnya, ICT dianggap memenuhi syarat sebagai "revolusioner", kekuatannya dianggap "tak terbatas" dan penggunaannya sering dianggap sebagai "tidak dapat dihindari" dalam pendidikan. Ini menggunakan deskripsi, dalam pola tertentu dari keyakinan, secara implisit membangkitkan gagasan bahwa TIK adalah alat yang bagus dalam proses belajar..

Tujuan utamanya adalah untuk membandingkan pola masing-masing wacana dan menentukan jenis pendapat mereka. Hasil akhir yang diperoleh dengan membandingkan pola wacana ditemukan di setiap subyek. Proses ini juga memungkinkan analis untuk menghubungkan bentuk-bentuk tertentu ke bentuk lainnya.


Hasil dan Pembahasan

Kumpulan hasil wawancara, secara keseluruhan, dapat memenuhi syarat sebagai wacana sosial. Hal ini menyajikan integrasi TIK dalam pendidikan sebagai akibat dari perubahan terbaru dalam masyarakat, seperti yang dirasakan oleh pembicara. Teknologi terutama bertanggung jawab untuk evolusi sosial. Motivasi komputerisasi di bidang pendidikan terletak pada kemajuan teknologi yang paling canggih.

Sejak awal tahun sembilan puluhan, perubahan sagat cepat dalam masyarakat kita. Evolusi teknologi dianggap bertanggung jawab. Cara hidup kita berubah. Apakah cara kita mengajar berubah secepat masyarakat kita? Saya ragukan itu! (catatan 42, hal.26) * 1

Perubahan ini terlihat dari sudut pandang evolusi sosial, meningkatkan gambaran masa depan. Invasi hi-tech inovasi dalam kehidupan kita sehari-hari, menurut sudut pandang ini, dapat mengubah tempat kerja dan ekonomi. Masing-masing setiap dari kita sekarang merupakan bagian dari jaringan yang luas, menurut pandangan yang agak berlebihan.

Peristiwa dunia sedang berlangsung dihadapan kita, kita dapat berkomunikasi dengan seseorang di mana pun mereka berada, museum dan perpustakaan yang terbuka bagi siapa saja di Internet. Peretukaran informasi secara bebas antar orang dan barang, teknologi dimana-mana dan pengaruh media massa yang menciptakan dunia yang sangat berbeda dari apa yang kita saksikan sekarang. (catatan 8, hal.15)* 2

Situasi ini juga merupakan sebuah perubahan budaya yang penting. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dianggap paling bertanggung jawab atas transformasi budaya modern. Dengan demikian, budaya dan pendidikan, selalu dikaitkan dalam pola umum dari perubahan, akan  kembali berubah sebagai inovasi terbaru terus-menerus dan sangat mempengaruhi cara hidup kita, berpikir dan berkomunikasi. Ini adalah pandangan ilmuan-dan-teknokrat berbasis evolusi sosial dan teknologi informasi dan komunikasi berada di tengah-tengahnya.


TIK dalam konteks ini dipandang sebagai alat yang jitu untuk perubahan ini, tidak hanya bertanggung jawab untuk perubahan sosial, juga disebabkan oleh kekuatan yang melampaui teknologi lain di masa lalu. Penggunaan metafora untuk menggambarkan ICT menunjukkan persepsi ini. "ICT adalah pensil baru masyarakat kita." (Catatan 43, p.22) 3

Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) tidak hanya membawa perubahan dalam cara kita berurusan dengan informasi, tetapi juga mengubah cara kita berpikir dan bagaimana kita memandang dunia kita. Perubahan budaya yang dibawa oleh akses yang lebih besar ke informasi dan fakta bahwa akses ini disediakan secara teknis membuatnya lebih "ilmiah". Jenis perubahan budaya juga menciptakan bentuk stres, dipicu oleh ketidakmampuan individu untuk beradaptasi dengan kecepatan transformasi budaya, menjadi terasing dari masyarakat informasi baru adalah salah satu dari dampak negatifnya.

Kebudayaan kita tidak lagi hanya sebatas sastra dan seni, juga sains dan teknologi. Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)  berada di persimpangan antaradua aspek. Menolak berarti membiarkan diri kita untuk menjadi buta huruf, tidak bisa mengintegrasikan diri ke dalam dunia sekarang ini. (Catatan 1, hal.26) 4

Perubahan budaya adalah sesuatu yang tak terhindarkan dalam pendidikan, dengan penekanan pada kemampuan beradaptasi dengan alat-alat baru dan mempersiapkan generasi muda untuk masa depan cerah seperti yang digambarkan dalam pandangan sosial.

Generasi muda yang bekerja dan belajar dengan ICT menjadi saham sosial yang besar. Kehadirannya di sekolah kami benar-benar tidak dapat dihindari. Adalah penting bahwa TIK di sekolah-sekolah kita lebih dari sekadar alat untuk mengajar, juga harus menjadi alat belajar dan bekerja secara global. (Catatan 43, p.22) 5

Ini bukan hanya perubahan yang akan mengubah sistem di sekolah namun perubahan intelektual yang sangat mendalam akan mempengaruhi remaja kita di masa depan. Siswa besok akan berpikir secara berbeda karena mereka dibesarkan di dunia di mana cara untuk mengakses dan mengatur informasi akan sangat berbeda, sehingga mengubah pola pikiran mereka bekerja.

Teknologi baru memiliki kekuatan untuk merangsang pengembangan kapasitas intelektual, meningkatkan penalaran, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan untuk belajar dan menciptakan. (Berkas 37, hal.24) 6
World Wide Web [www] membawa perubahan lebih karena memerlukan cara-cara baru untuk mewakili informasi. Ini meninggalkan cara kuno dalam  berkomunikasi yang fundamental linear dan menggantinya dengan representasi yang lebih seperti pohon informasi. Membaca kemampuan dan strategi dengan memahami dan menavigasi melalui informasi tertulis, yang sudah dimodifikasi. Tidak beradaptasi dengan itu berarti dirampas oleh gaya modern dan efisiensi komunikasi. (File 1, hal.25) 7

Visi masyarakat dan pendidikan didorong oleh proyeksi yang dibuat oleh banyak kemungkinan yang ditawarkan oleh teknologi baru. Banyak Referensi media spesialis, sosiolog, dan bahkan trend penilaianan terkenal dan futurologists, sering menyebabkan pembangunan hanyalah  wacana dengan menciptakan gambaran masa depan berdasarkan potensi yang ditawarkan oleh aplikasi sosial, budaya dan pendidikan yang semakin meningkat dari inovasi teknologi.

Toffler mengatakan dan saya kutip: "Besok buta aksara atau orang-orang yang tidak belajar membaca, mereka akan menjadi orang-orang yang tidak belajar untuk belajar." (Berkas 42, hal.29) 8

Desa global Marshall McLuhan sekarang menjadi kenyataan. Kami mengalami lompatan kuantum dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. (Berkas 41, hal.58) 9

Perubahan ini juga disajikan dengan akurat dan tak terelakkan, meminimalkan efek samping dan tindakan manusia, dan semua faktor politik, sosial atau ekonomi lainnya, pada arah yang diambil oleh evolusi sosial. Dalam pendidikan itu, para guru harus beradaptasi dengan sesuatu yang mereka tidak dapat hindari. Dalam hal itu, efek dari mengabaikan evolusi teknologi masyarakat kita dalam pendidikan sering disajikan sebagai konsekuensi yang mengerikan. Mengabaikan perubahan teknologi akan menempatkan kita, sebagai bangsa, beresiko dikalahkan oleh negara-negara yang telah menguasai teknologi baru. Generasi muda kita akan keluar dari pekerjaan dan perekonomian kita akan tenggelam ke tingkat dunia ketiga.

Perekonomian membawa perubahan. Persaingan global menempatkan usaha dalam posisi berinovasi terus-menerus dan penciptaan hal-hal baru. Masa depan akan menjadi milik orang-orang yang terlatih, mampu berpikir dan memecahkan masalah dan bersikap kritis. Selain itu, menguasai komputer dan teknologi adalah keterampilan wajib. (Berkas 42, hal.26) 10

Dalam pandangan ini, tenaga di bidang pendidikan tidak punya pilihan selain mengikuti evolusi teknologi, adaptasi pedagogik dan sistem sekolah. Banyak wacana yang tidak dinyatakan oleh tenaga pendidikan. Hal itu berasal dari sumber-sumber di luar sistem, seperti teknokrat, pejabat pemerintah, kelompok orang tua dan pengusaha sibuk dengan perubahan sistem sekolah saat ini yang lebih efisien.

Perubahan sosial merupakan fenomena global dan otonom, sesuatu yang umumnya dianggap sebagai hal yang diluar jangkauan kami. Wacana penyelenggaraan pengintegrasian pendidikan dibangun di atas keinginan individu untuk mengatur dan mengarahkan perubahan, sehingga mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat dilakukan, bukannya menjadi sasaran. Dengan demikian, wacana ini mencoba untuk menyalurkan tindakan dan memberikan arah. Dalam usaha integrasi teknologi dalam pendidikan, ada keinginan untuk membuat sistem pendidikan sesuai dengan cita-cita masa depan yang agak lebih baik. Ini adalah upaya untuk menolak perubahan dan menguasainya. Tapi, pada saat yang sama menjadi semacam pekerjaan. Pandangan pendidikan untuk masa depan yang diselenggarakan oleh para pendukung teknologi di kelas akan terwujud, karena mereka mendorong setiap orang di bidang pendidikan untuk mengambil langkah-langkah politik dan organisasi yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu.

Kalimat ini jelas bukan pendapat guru, melainkan pendapat seorang pemimpin. Ia tidak menemukan akarnya di dalam kelas, kebutuhan profesional guru atau kebutuhan akademik siswa, melainkan dalam kebutuhan pimpinan sekolah umum untuk meyakinkan publik bahwa terjadi perubahan yang diinginkan dan tak terhindarkan. Oleh semua orang meyakinkan bahwa masa depan telah ditulis oleh teknologi itu sendiri, para pendukung inovasi teknologi dalam pendidikan berusaha untuk menyudutkan sistem pendidikan.

Wacana tentang guru

Wacana di atas jelas bertolak belakang  dengan apa yang guru sekolah dasar dan menengah katakan. Kita telah melihat pertentangan itu,dimana guru sangat sedikit yang terbuka dan mau menerima kemajuan teknologi dalam integrasi pendidikan atau ICT dalam kegiatan mereka. Visi mereka tentang ICT terbatas pada pengaturan kelas atau rutinitas sehari-hari dari kehidupan sekolah. TIK umumnya dianggap sebagai tambahan pelengkap alat pedagogis dan pendekatan di dalam kelas. Belajar dengan teknologi dianggap penting karena dengan cepat dapat memperoleh pengetahuan, tetapi teknologi selalu tunduk kepada tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh guru.

Perubahan teknologi tidak dianggap sebagai pengalaman kolektif - atau eksperimen dalam perubahan sosial - tapi lebih dari sebuah tantangan pribadi. Solusi untuk masalah mengintegrasikan inovasi teknologi ke dalam kelas yang lebih terkait dengan praktik pengajaran individual. Selain itu, wacana ini tertentu menempatkan teknologi dalam konteks penggunaan di dalam kelas. Hal ini lebih mendekati fakta di lapangan dibadingkan proses pembelajaran secara manual (ceramah). Dalam konteks ini, masalah organisasi yang terkait dengan integrasi TIK sangat penting.

Tujuan utamanya adalah untuk membantu siswa mencapai keberhasilan akademik, bukan untuk mengubah pendidikan maupun masyarakat. Fokus guru adalah pada masalah yang harus diselesaikan dalam rangka untuk mencapai tujuan ini. Gagasan perubahan, dalam perspektif ini, diterapkan pada bidang yang lebih spesifik. Jika masih dapat dilihat sebagai suatu pengalaman kolektif, dalam beberapa kasus, masyarakat terbatas pada sekolah atau ruang kelas, bukan masyarakat secara keseluruhan.

Guru lebih menekankan pada tantangan yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi baru dalam pengaturan tertentu dan fokus pada apa yang menghambat upaya mereka untuk menggunakan komputer atau internet di dalam kelas. Perhatian utama mereka adalah kurangnya waktu: kurangnya waktu untuk belajar secara efisien mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak, untuk belajar tentang program komputer baru yang relevan dengan bidang mereka, untuk merencanakan kegiatan belajar dan memecahkan semua kesulitan teknis untuk mencapai belajar yang produktif . Keprihatinan lain adalah kurangnya dukungan teknis di sekolah yang diperlukan untuk memecahkan semua masalah yang disebutkan di atas. Guru juga sangat sibuk dengan tingkat perubahan teknologi dan biaya untuk sekolah.

Wacana guru dapat memenuhi syarat sebagai wacana pragmatis dan menyajikan evaluasi yang lebih cermat terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh inovasi teknologi. Pada kenyataannya, sering ditemukan dalam selebaran - bentuk tegas, dengan banyak gambaran deskripsi terkait dengan evaluasi positif dari teknologi - jarang diungkapkan oleh para guru. Guru lebih reing menggunakan model pembelajaran diskusi. Hal ini dapat juga dikatakan bahwa guru masih dalam proses mengevaluasi cara yang tepat untuk menggunakan teknologi informasi untuk mengajar dan belajar dan bahwa teknologi ini belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam kegiatan mereka sebagaimana yang biasa mereka lakukan.  Dalam pengertian ini, guru tidak dapat diharapkan untuk mendukung teknologi.

Akhirnya, komputer dianggap  bermanfaat bagi siswa bukan karena teknologi ini dapat menghasilkan yang lebih baik dari belajar biasa tetapi terutama karena pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengoperasikan alat-alat baru yang penting dalam pasar kerja saat ini. Kemampuan untuk bekerja dengan teknologi baru ini dianggap sebagai aset untuk keberhasilan masa depan murid mereka. Pandangan bahwa guru memiliki kompetensi kejuruan yang sejalan dengan pandangan pragmatis mereka teknologi. Sekali lagi, TIK merupakan sarana untuk mencapai tujuan, bukan sesuatu yang sangat mengubah pendidikan.

Hal ini menjadi kontradiktif, menentang integrasi TIK di kelas adalah bentuk pandangan yang sejajar dengan pandangan yang baru, dalam arti realitas yang berbeda pada pengalaman sehari-hari guru. ICT tidak dapat dilihat sebagai alat transformasi masyarakat dan pendidikan. Ini sangat penting dan terutama sebagai alat belajar, hanya digunakan untuk membantu mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan oleh guru.

Pada saat yang sama, ICT dapat dilihat sebagai sarana untuk menentukan diri sendiri secara profesional. Guru yang melihat diri mereka sendiri, apakah mereka suka atau tidak, di tangan mereka generasi baru ditentukan.. Penggunaan ICT minimal membantu mereka membangun citra diri yang positif sebagai profesional. Namun, mereka berhati-hati tentang mengintegrasikan teknologi terlalu banyak ke dalam kelas, karena mereka tidak ingin profesi mereka akan ditentukan oleh kemampuan khusus untuk menerapkan sarana teknologi pembelajaran. Hal ini, bagi sebagian guru, dapat dilihat sebagai merendahkan profesional atau bentuk regresi dalam status guru.

Visi mereka tentang profesi mereka masih berakar pada hubungan manusia, dan memiliki hubungan yang lebih berkaitan dengan ikatan antara guru dan murid dibandingkan dengan alat-alat teknologi. Guru masih percaya bahwa apa yang sebenarnya mereka perlukan adalah kemampuan untuk membentuk ikatan antara guru dan siswa, mengajar adalah yang utama, kemampuan menggunakan alat bantu untuk menciptakan cara yang positif dan produktif dalam belajar. Hubungan manusia masih tetap pada inti dari kegiatan mereka.

Kesimpulan

Meskipun ada perbedaan yang nyata diantara dua pandangan, kita tidak bisa mengatakan hal ini sebagai perlawanan terhadap inovasi teknologi bagi guru. Kedua pandagan memiliki alas an yang berbeda. Pandangan bahwa guru menolak pada kenyataannya tidak terbukti. Ini adalah hasil dari keprofesionalan guru, dan etika kepraktisan .

Guru tidak ingin berkutat terlalu banyak tentang pentingnya perubahan teknologi dalam masyarakat, mereka lebih tertarik pada inovasi teknologi yang dapat dilakukan untuk mereka dan siswa dalam kegiatan sehari-hari untuk mencapai tujuan khusus akademik

Bagaimanapun, suatu benang merah diantara dua golongan yang berkaitan dengan arah yang diambil oleh perubahan sosial dan teknologi baru-baru ini. Mengelola perubahan dalam pendidikan memerlukan perencanaan yang ketat dan dengan dukungan pemerintah yang kurang dalam pendidikan di Quebec dalam beberapa tahun terakhir, sekarang tampaknya terlalu subjektif untuk perencanaan yang efektif. Kedua kelompok memiliki pendekatan yang berbeda dalam menghadapi ketidakpastian yang melekat terkait dengan situasi ini. Untuk para pendukung penggunaan yang lebih luas dari ICT di kelas, pendidikan dapat menjadi lebih baik pengelolaannya setelah semua orang setuju pada tindakan yang diambil. Dengan cara itu, mereka menghadirkan penggunaan teknologi sebagai langkah penghematan biaya yang efektif.

Guru percaya bahwa mereka dapat mengontrol perubahan terbaru dalam pendidikan dengan pengalaman selama bertahun-tahun menjadi guru. Mereka menganggap pengetahuan profesional sebagai cara untuk mengarahkan perubahan teknologi ke arah yang mereka dapat pahami dan yang mereka rasakan adalah bermanfaat bagi siswa mereka. Efektivitas biaya mungkin penting, namun siswa diharapkan menjadi pusat dari segala jenis perubahan, bukan teknologi. Pilihan dibatasi untuk masyarakat kelas.

Golongan sosial pada teknologi, dalam kumpulan-kumpulan pendapatnya, didasarkan pada dunia imajiner dalam arti bahwa itu dibangun pada ekstrapolasi dari tren yang sebenarnya dalam kegiatan sosial saat ini. Hal ini didasarkan pada pilihan dioperasikan dalam spektrum probabilitas. Pilihan ini tergantung pada apa yang kita inginkan atau harapkan besok. Penyelenggara teknologi dalam pendidikan mencoba untuk mengatur pendidikan sedemikian rupa sehingga tindakan yang diambil hari ini akan mengarah pada masa depan mereka. Inilah sebabnya mengapa golongan mereka begitu tegas dan menarik dan beberapa diantaranya memperpanjang masalah. Tetapi gambaran masa depan yang ditemukan dalam golongan sosial tidak lengkap karena mereka tidak bisa memperhitungkan semua faktor yang memungkinkan kita untuk meramalkan evolusi teknologi dan dampaknya pada evolusi pendidikan masa depan.

Kita dapat mengatakan lebih banyak untuk wacana pragmatis para guru karena merupakan bagian lain dari gambar yang sama. Jenis wacana tidak bisa memperhitungkan perubahan sosial karena sebagian kedap berubah. Mengubah, di mata guru, dipandang sebagai memiliki kurang dari dampak karena pendidikan pada dasarnya didasarkan pada stabilitas. Hal ini penting bagi mereka bahwa, di sekolah kami, rasa stabilitas dan kontinuitas dipertahankan untuk melestarikan pengetahuan dan budaya. Stabilitas ini dipastikan dengan melestarikan tidak hanya pengetahuan tetapi juga dengan mencoba untuk mempertahankan lembaga-lembaga dan praktek.

Untuk lebih memahami fenomena perubahan teknologi dalam pendidikan, kita harus mengikuti arti luas arah melekat pada wacana sosial dan kemudian menghadapinya dan memasukkannya ke dalam konteks dengan wacana pragmatis para guru. Kami juga harus memperhitungkan nilai-nilai yang ingin kita sampaikan melalui jenis perubahan dalam pendidikan.

Analisis kami menunjukkan bahwa wacana khas dari dua kelompok yang sangat berbeda dari pemain, dengan dua visi spesifik perubahan - satu global, semakin terbatas kepada komunitas sekolah lainnya - set dan berbeda dari nilai-nilai, dua dunia pemikiran hidup terpisah di bidang-bidang yang terpisah dan sebagian mengabaikan satu sama lain. Teknologi adalah cara mengungkapkan jarak antara kelompok-kelompok ini bukan alat untuk membawa mereka bersama-sama (lihat Tabel 1. "Ringkasan Hasil Analisis Wacana Perbandingan").

Dari sudut pandang ideologi pandang, wacana sosial promotor berkaitan dengan bentuk teknologi neo-liberal ideologi, berdasarkan pengertian tentang kinerja akademik, efektivitas biaya, efisiensi dan persaingan bebas antara institusi akademik, di mana hanya yang terbaik bertahan hidup, sehingga memastikan kemajuan sistem pendidikan dan, pada akhirnya, masyarakat. Hal ini juga didasarkan pada gagasan bahwa, dengan meningkatnya kompetisi antar bangsa, sekolah lebih kompetitif adalah jaminan bahwa perekonomian kita - yang, dalam cara berpikir, semata-mata berdasarkan pada pengetahuan - akan tetap kompetitif. Kata-kata atau ungkapan-ungkapan seperti "masa depan ekonomi", "pekerja pengetahuan", "pemimpin pedagogis" dan "manajemen baru dalam belajar" adalah blok bangunan dari jenis wacana. Sebuah kekuatan besar dari perubahan tersebut diberikan untuk teknologi dan komputer dianggap sebagai alat utama perubahan yang efisien.

Wacana pragmatis guru dapat lebih mudah berhubungan dengan ideologi humanis. Teknologi dipandang sebagai alat baru untuk belajar, tetapi hubungan antara guru dan siswa masih di inti dari proses pembelajaran. Dampak dari perubahan teknologi berkurang oleh konteks yang terjadi. Dengan demikian, komputer tidak dapat memenuhi semua kebutuhan pedagogis dan cocok untuk semua situasi sepanjang waktu. Kendala organisasi dan profesional memiliki dampak yang jauh lebih penting pada proses pembelajaran, menurut guru, dari teknologi itu sendiri. Masalah yang berkaitan dengan kurangnya waktu, sumber daya dan informasi yang terus-menerus dihadapi guru dalam sehari-hari rutinitas mereka lebih merugikan siswa belajar dari apakah atau tidak mereka menggunakan teknologi yang tepat di kelas.

Guru mengadaptasi praktek mereka dengan penggunaan teknologi informasi tetapi hanya sampai batas tertentu. Mereka tidak bersedia untuk mengesampingkan atau membuang tahun-tahun pengalaman berharga hanya untuk mengadopsi alat yang umumnya dianggap sebagai penyakit dalam kerangka kegiatan mereka. Guru juga menolak konsep tenaga profesional oleh sarana teknologi. Mereka tidak ingin kompetensi mereka sebagai profesional pendidikan dievaluasi hanya dengan kemampuan mereka untuk menggunakan teknologi di dalam kelas.

Daftar Pustaka
Carugati, F. & Tomasetto, C. (2002). Le corps enseignant face aux nouvelles technologies de l'information et de la communication: un défi incontournable. Revue des sciences de l'éducation, 28(2), 305-324.
Clegg, S. (2001). Theorising the machine: gender, education and computing. Gender and Education, 13(3), 307-324.
Conseil supérieur de l'éducation. (2000). Éducation et nouvelles technologies: Pour une intégration réussie dans l'enseignement et l'apprentissage. Rapport annuel 1999-2000 sur l'état et les besoins de l'éducation. Québec: Les Publications du Québec
Cuban, L. (1999, February). Why are most teachers infrequent and restrained users of computers? BCTF Public Education Conference. Technology: Public Education in a Wired World. Vancouver.
Dawes, L.& Selwyn, N. (1999). Teaching with the dream machines: The representation of teachers and computers in information technology advertising.Journal of Information Technology for Teacher Education, 8 (3), 289-304.
Deci, E.L., Koestner, R. & Ryan, R.M. (2001). Extrinsic rewards and intrinsic motivation in education: reconsidered once again. Review of Educational Research,71(1), 1-27.
Hidi, S. & Harackiewicz, J.M. (2000). Motivating the academically unmotivated: a critical issue for the 21st century. Review of Educational Research, 70(2), 151-179.
Hyslop-Margison, E.J. (2000). The market economy discourse on education: interpretation, impact and resistance. Alberta Journal of Educational Research, 46(3), 203-213.
Karsenti, T., Savoie-Zajc, L. & Larose, F. (2001). Les futurs enseignants confrontés aux TIC: changements dans l'attitude, la motivation et les pratiques pédagogiques.Éducation et Francophonie. 29(1).
Karsenti, T., Peraya, D. & Viens, J. (2002). Bilan et prospectives de la recherche sur la formation des maîtres à l'intégration pédagogique des TIC. Revue des sciences de l'éducation, 28(2), 459-470.
Lusalusa, S. (2000). Représentations des élèves sur l'intégration des nouvelles technologies à l'école: une étude de cas. Scientia Paedagogica Experimentalis, 37(1), 51-67.
Sasseville, B. (2002). Le discours des enseignantes et enseignants du primaire et secondaire face à l'intégration dans la pratique professionnelle des technologies de l'information et des communications. Ph.D. thesis, Rimouski, Université du Québec à Rimouski.
Selwyn, N. (1999). Students' attitudes towards computers in sixteen to nineteen education. Education and Information Technologies, 4(2), 129-141.
Stepulevage, L. (2001). Gender/technology relations: complicating the gender binary. Gender and Education, 13(3), 325-338.
Volman, M. & Van Eck, E. (2001). Gender equity and information technology in education: the second decade. Review of Educational Research, 71(4), 613-634.



Tabel 1.
Ringkasan Hasil Analisis Wacana Perbandingan
Kumpulan Tulisan
·   Sebuah wacana calon berdasarkan keniscayaan perubahan sosial sekarang dan mendatang;
·   Sebuah wacana kolektif yang tujuannya adalah untuk memberikan arahan pada tindakan untuk mengambil di masa depan;
·   Wacana didasarkan pada gagasan kinerja dan efisiensi;
·   Bentuk imperatif dan tegas Banyak;
·   Evaluasi positif teknologi;
·   Banyak tokoh dari pidato yang berkontribusi untuk meningkatkan keniscayaan perubahan sosial dan kekuatan transformasi dikaitkan dengan teknologi;
·   Banyak referensi ke wacana calon lainnya, disajikan sebagai benar;
·   - Pembicara sebagai seorang pemimpin.
Kumpulan hasil Wawancara
·   Wacana didasarkan terutama pada praktek guru;
·   Sebuah pandangan yang lebih pragmatis masa depan pendidikan;
·   Wacana ditandai dengan individualitas, keunikan pengalaman pembicara;
·   Bentuk interogatif Banyak yang berkaitan dengan penggunaan di dalam kelas teknologi baru;
·   Evaluasi teknologi lebih berhati-hati;
·   Angka pidato jarang;
·   Wacana memiliki bentuk diriwayatkan;
·   Pembicara adalah saksi dari pengalaman pribadinya;
·   Pengalaman pribadi yang terkait dengan pengalaman kolektif oleh rupa pandangan dan kesibukannya.

Alat teknologi umumnya dianggap sebagai alat kinerja, cara melakukan hal-hal yang lebih baik, lebih cepat dan lebih murah. Tapi dari titik pandang guru, keberhasilan akademis tidak dapat dievaluasi oleh kinerja semata saja. Pekerjaan mereka jauh melampaui keberhasilan akademis, mereka membantu manusia secara keseluruhan dan manusia tidak dapat didefinisikan semata-mata oleh kinerja atau kapasitas untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Inilah sebabnya mengapa stabilitas sangat penting bagi mereka.

Di satu sisi, alat-alat yang ditawarkan oleh teknologi informasi gagal untuk memberikan guru gambaran yang lebih lengkap dan pemahaman siswa sebagai manusia. ICT juga gagal untuk memberikan dasar yang stabil dalam membangun keterampilan mereka


REVIEW
1.      Sejak awal 1990-an, terjadi perubahan yang sangat cepat dalam masyarakat Quebec. Perubahan teknologi sebagian besar dianggap bertanggung jawab. Seperti gaya hidup, cara bekerja sedang berubah. Cara mengajar, pada gilirannya perubahan sosial. Peristiwa dunia yang terjadi di dihadapan kita dimana kita dapat berkomunikasi dengan orang di mana pun di dunia ini dan sebagai perpustakaan besar yang terhubung ke Internet. Pergerakan barang dan orang, di mana-mana teknologi baru, pengaruh media massa menciptakan dunia yang sangat berbeda dari yang kita telah jalani sampai sekarang

2.      Budaya dunia bukan hanya sastra dan seni, ada juga ilmu pengetahuan dan teknologi. TIK merupakan pertemuan dari dua aspek. Menolak berarti menjadi gagap teknologi, dan gagap teknologi tidak cocok dengan dunia modern . Pemanfaatan TIK oleh siswa di sekolah menjadi masalah sosial. Kehadirannya di sekolah benar-benar penting. Hal ini untuk memastikan bahwa komputer di sekolah menjadi media instruksi, harus menjadi alat kerja dan pembelajaran secara keseluruhan.

Kelebihan penggunaan TIK di dalam kelas :

1.      TIK membawa cara baru untuk mewakili informasi. TIK meninggalkan komunikasi klasik yang merupakan pengganti dasar representase. Keterampilan dan strategi dalam penggunaan TIK telah berubah jauh. Penggunaan TIK berarti sebuah lompatan kuantum yang membawa dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Teknologi baru memiliki kekuatan untuk merangsang pengembangan keterampilan intelektual seperti kemampuan untuk berpikir, memecahkan masalah, belajar untuk belajar dan menciptakan.

2.      Persaingan keras antar perusahaan membuat perlunya berinovasi dan menciptakan lebih banyak lagi teknologi. Mereka yang mengerti TIK berarti mereka telah menguasai masa depan, mereka mampu merefleksikan tindakannya, memecahkan masalah dan membuat keputusan penting.

3.      TIK ialah alat yang dapat membantu guru dan juga memungkinkan untuk berhubungan dengan siswa walau bukan di dalam kelas. Proses pembelajaran dapat dilakukan kapan dan dimana saja, sepanjang ada jaringan, maka kesempatan untuk berkomunikasi antara guru dan siswa dapat terus berlangsung.

4.      Penggunaan TIK dalam proses pembelajaran berarti suatu jalan untuk meninggalkan paradigma lama dalam suatu pembelajaran. Model-model pembelajaran baru semakin bermunculan seperti penggunaan macromedia dan perangkat presentase yang lebih memudahkan bagi peserta didik untuk dapat mengerti materi yang sulit dimengerti. Kehadiran peralatan yang sesungguhnya dapat terwakili dengan penggunaan TIK di dalam kelas.

5.      Komputer merupakan sebuah instrumen seperti sebuah kapur di papan tulis sebagai OHP, yang mempersingkat waktu dalam penjelasan materi di kelas, sekolah tidak perlu lagi menyiapkan alat-alat tulis dan semacamnya, sehingga pengeluaran untuk itu dapat dihilangkan.


Kekurangan  penggunaan TIK di dalam kelas :

  1. Komputer harus terus diakses oleh setiap siswa. Hal ini menyebabkan proses sosialisasi dengan lingkungan menjadi berkurang. Akibatnya siswa menjadi individualis dan tidak memahami fenomena di lingkungan sekitarnya secara   langsung.
  2. Pelatihan guru harus terus menerus dan menyediakan mereka dukungan yang memadai dan berkesinambungan. Guru juga harus mengadaptasi kurikulum yang memasukkan ICT secara eksplisit. Tidak semua guru mampu beradaptasi secara cepat dengan perkembangan TIK. Hal ini menyebabkan adanya kesenjangan antara satu guru dengan yang lainnya.
  3. Menurut perspektif Taylorist, kurikulum pendidikan perlu ditinjau kembali: mata pelajaran dibagi menjadi beberapa sektor, transfer pengetahuan pada program sekolah dan waktu yang terbatas, menyebabkan kemungkinan timbulnya kesemrawutan pada kurikulum maupun npada implementasinya.
  4. Perlu juga diingat bahwa teknologi yang ada bukan hanya TIK yang akan digunakan tetapi ada alat lain, artinya akan ada lebih banyak guru yang akan berperan sebagai “mesin pekerja”. Ada yang hilang dalam teknologi ini yaitu sisi kemanusiaan dimana guru memiliki waktu lebih banyak dengan siswa dibandingkan hubungan dengan manusia. Kita harus meyakinkan orang-orang bahwa kita adalah manusia bukan sekadar mesin
  5. Penggunaan TIK ini akan menyerap banyak waktu untuk mempelajarinya ketimbang  penggunaannya. Hal itu sangat tidak realistis. Ujian disiapkan, ujian dikoreksi, menghadiri pertemuan di malam hari, guru harus memiliki kedisiplinan untuk melakukan pekerjaan tambahan, akibatnya pertemuan dengan guru lain akan lebih sedikit. Ketika  guru memiliki waktu sepuluh menit untuk istirahat, mereka akan mengatakan bahwa guru tidak bekerja! "
  6. TIK itu sebuah investasi, artinya TIK juga uang. Karena semuanya mahal dan semuanya berjalan dengan cepat, maka dibutuhkan biaya yang sangat besar dalam pengintegrasian TIK dalam kelas.
  7. Dalam sejarah kita mengeksplorasi banyak gambar, sehingga sejarah benar-benar memiliki konsep dalam hal persiapan, dan itu akan memerlukan persiapan terlalu banyak, ini bukan hal yang mudah. Teknologi itu mungkin berlaku untuk beberapa mata pelajaran tetapi tidak semua mata pelajaran dapat berintegrasi dengannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar